Sukses

Cara Akurat Cek Kondisi Rambut Sehat dalam 3 Detik

Lakukan cara berikut ini untuk melihat kesehatan rambut Anda dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Namun, untuk menunjang penampilan, Anda sering menata rambut dengan styling yang membuatnya perlahan rusak.

Kerusakan rambut dapat timbul dari penggunaan alat panas yang berlebihan seperti hair dryer dan alat penata rambut. Selain itu bahan kimia yang diaplikasikan pada rambut setiap harinya serta paparan sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Kerusakan yang dialami rambut terkadang tidak hanya terlihat dari bentuk fisik. Anda bisa saja mengalami kerusakan rambut meskipun terlihat tebal dan hitam. Untuk itu Anda dapat mengetahui sendiri apakah rambut Anda dalam keadaan sehat atau tidak. Anda tidak harus mengunjungi klinik kecantikan atau salon mewah. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan sederhana di rumah.

Seperti yang dilansir dari situs Purewow, Senin (28/11/2016), Anda hanya membutuhkan segelas air untuk melihat kesehatan rambut. Caranya mudah, masukkan beberapa helai rambut ke dalam gelas yang berisi air. Biarkan sesaat, kemudian perhatikan apakah rambut Anda mengapung atau tenggelam.

Lakukan cara berikut ini untuk melihat kesehatan rambut Anda dengan mudah.

Jika rambut Anda mengapung artinya Anda masih memiliki rambut yang sehat, namun jika helaian rambut tenggelam sesaat setelah dimasukkan ke dalam air, artinya rambut Anda mengalami kerusakan.

Fenomena ini dipengaruhi oleh kultikula atau lapisan terluar rambut Anda. Rambut yang sehat memiliki kultikula yang rapat. Sedangkan ketika rambut mengalami kerusakan, kultikula akan terkikis dan longgar sehingga saat dimasukkan ke dalam air akan merembes dan membuatnya tenggelam. Bagaimana dengan rambut Anda, mengapung atau tenggelam?

Jangan khawatir, jika rambut Anda tenggelam, segera lakukan perawatan rambut untuk mengatasinya. Gunakan masker rambut secara rutin setiap minggunya. Hal ini akan melindungi lapisan terluar rambut dari sinar matahari dan hantaran panas alat penataan rambut. Lakukan kembali tes dengan segelas air seperti di atas setelah empat minggu, dan lihat bagaimana hasilnya. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.