Sukses

Ternyata 5 Kebiasaan Buruk Ini Picu Sakit Kepala Berulang

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala termasuk penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. Tentu saja rasanya sangat menyebalkan ketika ia muncul tiba-tiba dalam keseharian. Ketika kepala pusing dan terasa ingin pecah, mungkin hal yang muncul dalam pikiran Anda adalah mencari konsultasi medis. Namun obat-obat tersebut hanya meredakan sakit kepala Anda sementara, dan mereka bisa muncul lagi kapan saja.

Ternyata ada beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab sakit kepala dapat muncul berulangkali. Seperti yang dirilis dari lifehack.org, Selasa (29/11/2016), inilah 5 kebiasaan buruk tersebut.

Kurang Tidur

Sering begadang atau tidur terlalu pagi? inilah penyebab utama Anda sering mengalami sakit kepala berulang. Untuk menghindarinya, jadwalkan diri Anda untuk tidur tepat pada waktu dan cukup durasinya sekitar 8 jam per hari. Selain lebih sehat, badan akan menjadi lebih segar pada pagi harinya.

Stres di tempat kerja

Stres berulang

Stres yang berulang menjadi penyebab sakit kepala sering muncul. Hal ini dapat dipicu oleh banyaknya tekanan pekerjaan atau perasaan hati yang tidak baik. Cara mudah untuk menghindarinya adalah menjadwalkan waktu untuk bersantai dan bebas dari segala pekerjaan. Keluar kantor untuk sekedar istirahat juga akan membantu mengurangi stres.

Ketika Anda mencoba untuk tidur setelah mengonsumsi junk food, Anda mungkin merasa tidak nyaman atau bahkan kram. Cobalah kudapan seperti wortel mentah atau kacang-kacangan jika Anda merasa lapar sebelum tidur. (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP/Getty Images)

Konsumsi makanan yang salah

Mengonsumsi makanan sembarangan dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit, termasuk sakit kepala yang berulang. Agar tubuh tetap sehat dan kepala tidak pusing, mulailah memilih makanan yang baik dan sehat. Hindari makanan cepat saji terlalu banyak dan kurangi makanan manis yang dapat meningkatkan gula darah Anda.

4 trik usir kantuk saat bekerja di kantor

Postur tubuh yang buruk

Secara tidak sadar, postur tubuh yang buruk juga menjadi salah satu penyebab utama terjadinya sakit kepala. Kebiasaan duduk di kursi dengan punggung membungkuk dapat memicu sakit kepala. Untuk itu biasakan pemanasan sebelum ke kantor dan perbaiki postur tubuh dengan cara duduk yang tegak.
Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)
Jarang minum air putih
Terlalu sering mengonsumsi teh, kopi, dan alkohol secara berlebihan juga menjadi pemicu sakit kepala. Jika Anda tidak ingin melepaskan minuman favorit tersebut, usahakan konsumsinya di batas kewajaran atau cukup. Perbanyaklah minum air putih untuk meningkatkan daya tahan paling tidak 8 gelas per hari.