Sukses

Jangan Takut Traveling Saat Hamil, Begini Caranya

Babymoon atau traveling saat sedang hamil kini menjadi tren. Simak tips berikut ini agar traveling tetap aman dan nyaman saat hamil.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pasangan selebritis dari dalam dan luar negeri, kini punya aktivitas traveling baru yang dikenal dengan istilah Babymoon. Babymoon adalah liburan yang dilakukan saat sang ibu sedang mengandung atau sebelum melahirkan bayinya.

Meskipun ada anggapan bahwa traveling saat hamil merupakan salah satu hal yang tabu. Namun demikian, seorang ibu yang hamil tidak boleh merasakan tekanan atau stres. Salah cara untuk menghindarinya adalah dengan jalan babymoon.

Berikut 7 tips traveling saat sedang hamil seperti dilansir dari parenting.com, pada Rabu (23/11/2016).

Diskusikan tujuan wisata bersama pasangan
Diskusikan dengan suami Anda terutama tentang tujuan wisata babymoon. Tempat wisata yang paling cocok biasanya tempat yang damai dan sunyi namun tetap memiliki fasilitas kolam renang agar tetap bisa berolahraga saat traveling. Bersikap terbuka pada suami akan sangat menguntungkan dalam merencanakan babymoon. 

Pertimbangkan beberapa hal sebelum traveling
Traveling saat sedang hamil bukan berarti tidak memperhatikan beberapa hal penting. Misalnya akses rumah sakit dari tempat wisata, transportasi yang digunakan seperti pesawat, kereta api atau kendaraan pribadi, juga yang paling penting adalah lamanya perjalanan. Disarankan tidak melebihi 2 jam perjalanan ke tempat wisata.

Waktu Terbaik untuk Traveling

Waktu paling tepat untuk babymoon
Dalam kongres dokter kandungan dan ginekolog Amerika (ACOG) menyarankan waktu paling tepat untuk traveling dengan menggunakan pesawat terbang adalah pada usia kandungan antara 14 minggu hingga 28 minggu atau pada tri-semester kedua.

Beberapa maskapai penerbangan mengizinkan wanita hamil untuk traveling dengan melampirkan surat keterangan dari dokter. Biasanya pada usia kehamilan memasuki 32 minggu, dokter sudah melarang ibu hamil untuk traveling. 

Ikuti nasihat dokter
Ikuti saran dan nasihat dari dokter kandungan Anda. Karena dokter memahami risiko kehamilan yang akan terjadi. Pastikan semua penerbangan yang dilakukan diketahui dan melampirkan surat rekomendasi atau izin dari dokter kandungan.

Traveling saat sedang mengandung

Buat Anda nyaman dalam perjalanan

Buat diri Anda nyaman saat dalam perjalanan
Kurangi makanan yang memproduksi banyak gas atau minuman bersoda sebelum terbang, karena kabin di dalam pesawat akan meningkatkan ketidaknyamanan diakibatkan perut berisi gas dan kembung.

Pilih kursi dekat lorong sehingga lebih memudahkan untuk ke toilet atau sekadar ingin berjalan-jalan. 

Terus bergerak
Jika traveling menggunakan mobil pribadi, gunakan kesempatan untuk lebih banyak beristirahat agar tetap bisa bergerak dan tidak terlalu banyak duduk. Minum air putih secukupnya agar tidak dehidrasi. Istirahatlah setiap dua jam perjalanan jika jarak yang ditempuh lebih dari empat jam.

Jaga keselamatan dan kesehatan
Patuhi semua peraturan baik saat menggunakan pesawat terbang maupun saat menggunakan kendaraan pribadi. Tetap menggunakan sabuk pengaman.

Untuk Anda yang berencana untuk liburan, dapatkan informasi tiket promo pesawat hanya di Reservasi.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.