Sukses

3 Alasan Menjadikan Rekan Kerja Sebagai Sahabat Terbaik Anda

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan dapat menjadi faktor terbesar yang mempengaruhi kebahagiaan Anda secara keseluruhan. Sebab di dalam pekerjaan selalu ada dua tipe manusia, yaitu orang-orang yang bekerja untuk mencapai tujuan, dan orang-orang yang bekerja untuk membangun hubungan dengan rekan kerja.

Termasuk kelompok yang manakah Anda? Jikatermasuk ke dalam kelompok kedua, penelitian menunjukkan Anda dapat memiliki manfaat mengejutkan dari rekan kerja, seperti dilansir dari mydomaine.com, Jumat (2511/2016).

Selain memiliki teman untuk bersosialisasi, penelitian menemukan ikatan erat dengan rekan kerja dapat meningkatkan kebahagiaan, kesehatan, dan kinerja Anda. Benarkah?

1. Mereka dapat membuat Anda lebih bahagia
Dapatkah Anda memberi harga pada sebuah persahabatan? Menurut para ahli ekonomi, Anda dapat melakukannya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa memiliki seorang teman dekat yang bisa dilihat setiap hari memiliki nilai kebahagiaan yang sama dengan penghasilan 100.000 Dolar AS atau sekira Rp 1,3 miliar.

2. Mereka dapat memotivasi Anda
Berteman dekat dengan rekan kerja bukan hanya membuat Anda mendapatkan kebahagiaan, namun juga membuat Anda bekerja lebih keras. Lebih dari 25% pekerja menyatakan bahwa berdiskusi tentang kesuksesan dengan rekan kerja bisa memotivasi diri mereka.

3. Mereka dapat membuat Anda lebih produktif
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan sekelompok orang-orang yang telah berteman dapat mengambil keputusan, berpikir kolaboratif, dan memiliki keterampilan motorik yang lebih unggul dibandingkan dengan kelompok orang-orang asing. Mengapa?

Para peneliti menemukan bahwa kelompok orang-orang yang berteman dapat lebih berkomitmen, berkomunikasi lebih baik, dan memberikan tanggapan yang lebih jujur.

Artikel Selanjutnya
Rasakan 5 Keuntungan Kerja di Perusahaan Kecil
Artikel Selanjutnya
Ini 15 Kebiasaan 'Sepele' Para Miliarder yang Bikin Mereka Sukses