Sukses

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tema Pernikahan

Simak beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menentukan tema dan konsep acara pernikahan Anda.

 

Liputan6.com, Jakarta Memilih tema pernikahan bisa menjadi tugas yang sulit. Bagaimanapun, tema akan membentuk inti dari setiap elemen yang berkaitan dengan acara pernikahan kelak.
Tema pernikahan yang tepat tidak hanya akan membuat resepsi terlihat indah saja, tapi juga harus mampu menampilkan karakter Anda dan pasangan sebagai individu. 

Oleh karena itu, simak hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menentukan tema dan konsep acara yang akan dirancang untuk hari istimewa:

Lokasi

Tempat upacara dan resepsi pernikahan akan sangat menentukan konsep dan tema acara yang akan diusung. Maka dari itu pemilihan lokasi yang tepat sangat penting untuk bisa mewujudkan tema pernikahan yang diinginkan.

Apabila Anda sudah memilih lokasi tertentu, coba lihat apa saja yang ditawarkan oleh venue tersebut. Cermati setiap fasilitas dan suasana yang ada, lalu pilihlah tema yang cocok dengan lokasi tersebut.

Misalnya, sebuah gedung bersejarah dengan arsitektur klasik tentu akan lebih sesuai untuk acara pernikahan dengan konsep klasik atau tema art-deco, dibanding dengan sebuah gelaran rustic yang menuntut aksentuasi alam yang kental.

Palet warna

Langkah selanjutnya, pikirkan tentang palet warna yang ingin Anda hadirkan di hari besar tersebut. Pastikan warna-warna tersebut bisa berpadu dengan harmonis. Jika Anda ingin mengaplikasikan warna-warna terang seperti merah, emas atau kuning, tema shabby chic yang lebih mengusung palet warna pastel tentu kurang pas untuk dipilih.

Jangan abaikan opini si dia. Jika pasangan tidak menginginkan banyak warna feminin di hari pernikahan, coba gabungkan warna-warna feminin dengan rona yang lebih netral. Anda bisa mencoba menggabungkan abu-abu dengan pink dan ungu.

Adat atau Tradisi Keluarga

Jika Anda akan menggelar pernikahan yang sarat akan nilai budaya dan adat, sebaiknya rangkaian acara dan prosesi tersebut menjadi acuan utama dalam menentukan tema. Hal ini dikarenakan sebuah tradisi budaya tertentu memiliki pakem yang harus diikuti. Tak ada salahnya untuk menyelipkan elemen modern ke dalam pernikahan tradisional, namun pastikan agar tidak terlalu kontras dengan unsur adat lainnya.

 Anggaran Biaya

Berpikirlah realistis dan ikuti anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Apabila anggaran terbatas, menciptakan pernikahan dengan tema fairytale castle di dalam ruangan bukanlah pilihan yang tepat.

Sebab mengisi ruangan dengan bunga dan elemen dekorasi yang berskala besar akan memakan banyak biaya. Kalau ingin suasana alam, kenapa tidak memilih untuk menggelar pesta kebun yang hangat?

Jujur pada diri sendiri

Tidak ada pernikahan yang lebih indah selain yang bisa merefleksikan karakter Anda dan pasangan. Jadi, jujurlah pada diri sendiri saat memilih tema pernikahan. Jangan terbawa tren yang sedang banyak diikuti para pengantin lainnya.

Jika Anda dan pasangan bukanlah sosok pecinta alam, tak perlu memaksakan untuk menggelar sebuah rustic wedding yang memang sedang digandrungi. Mungkin pesta dengan tema minimalis modern lebih cocok untuk Anda dan pasangan?

(Bridestory.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.