Sukses

Ini 9 Gedung Parlemen Paling Indah di Dunia, Adakah Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Di seluruh dunia, negara memiliki pemerintah, dan pemerintahan identik dengan istana. Layaknya kerajaan, istana kepresidenan bukan hanya sekadar bangunan khusus pemerintah, lebih dari itu tempat ini juga menjadi salah satu simbol kedaulatan.

Tak heran banyak negara membangun dengan megah istana kepresidenan mereka. Mulai dari gedung parlemen Hongaria di Budapest hingga Gedung Putih di Amerika Serikat, semua istana kepresidenan punya bentuk dan ciri khasnya sendiri. Seperti dikutip dari laman weather, Selasa (22/11/2016), berikut 9 istana kepresidenan terindah yang ada di dunia.

The Hungaria Parliament, Hongaria

Selain menjadi simbol kedaulatan dan istana pemerintahan, bangunan ini juga menjadi landmark paling terkenal di Hungaria. Berlokasi di sisi timur Sungai Dabube di Pest, struktur bangunan istana ini selesai dibangun pada 1904 yang digunakan untuk aktivitas parlemen dan pemerintahan Hungaria. Sebagai informasi, parlemen Hongaria merupakan salah satu yang tertua di Eropa. Uniknya, The Hungaria Parliament merupakan bangunan tertinggi sekaligus terbesar di negara ini.

foto: weather

Palace of Westminster, London, Inggris

foto: weather

Berlokasi di sepanjang Sungai Thames , Palace of Westminster menjadi bangunan bergaya art deco yang dikunjungi banyak wisatawan sepanjang tahun. Bangunan ini masih digunakan sebagai tempat pertemuan kenegaraan dan menjadi gedung parlemen Inggris.

The Capitol, Washington DC, Amerika Serikat

foto: weather

Terletak di Capitol Hill, istana ini masih digunakan untuk kongres pemerintah Amerika Serikat. Tercatat, konstruksi bangunan ini telah dibangun pada 1793 dan baru selesai pada tahun 1800.

The Reichstag, Berlin, Jerman

foto: weather

Sejak tahun 1999, Reichstag sudah digunakan sebagai tempat pertemuan Bundestag, yaitu badan konstitusional dan legislatif di Jerman. Reichstag awalnya dibuka para tahun 1894, dan dibangun dengan menyesuaikan kebudayaan dan ciri khas bangsa Jerman. Kubah kaca Reishstag menjadi atraksi wisata rekomendasi bagi wisatawan yang datang liburan ke Jerman.

Centre Block, Ottawa, Kanada

foto: weather

Berlokasi di Ottawa, Ontario, gedung parlemen ini menjadi pusat kegiatan pemerintahan Kanada. Bentuknya yang menawan membuat gedung parlemen ini kerap menjadi salah satu destinasi yang perlu dikunjungi saat berada di Kanada. Bangunan Peace Tower, yaitu menara jam besar yang berdiri di tengah-tengahbangunan menjadikan Centre Blok semakin menawan bagi orang yang melihatnya langsung.

Binnenhof, The Hague, Belanda

foto: weather

Menjadi salah satu bangunan parlemen tertua di Eropa, sejak dibangun pada abad ke-13, Binnenhof masih digunakan hingga saat ini. Telah digunakan sejak 1584, Binnenhof bahkan kini memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai temapt pertemuan kedua majelis Belanda, serta menjadi kantor Perdana Menteri dan Departemen Urusan Umum.

The Palace of Parliament, Bucharest, Rumania

foto: weather

Istana bagi pemerintahan Rumania in memiliki struktur bangunan yang indah. Tak hanya itu, The Palace of Parliament juga didapuk sebagai gedung parlemen terbesar di dunia.

Houses of Parliament, Cape Toen, Afrika Selatan

foto: weather

Gedung parlemen Afrika Selatan ini terdiri dari tiga bangunan, yaitu bangunan asli yang dibangun sejak abad ke-19, bangunan kedua dibangun pada 1920-an, dan bangunan ketiga didirikan pada 1980-an.

Beehive, Wellington, Selandia Baru

foto: weather

Menyerupai sarang lebah, pusat bagi kegiatan pemerintahan di Selandia Baru ini nampak unik. Tak heran jika banyak wisatawan yang menyempatkan datang ke Beehive untuk sekadar mengagumi keindahan bangunannya.

Artikel Selanjutnya
Gamelan dan Prambanan Jadi Daya Tarik Obama ke Yogyakarta
Artikel Selanjutnya
Obama Pun Ingin ke Bali Menikmati Keindahan Alam Ubud