Sukses

Taruh Tanaman Hijau di Dalam Rumah, Dapatkan 6 Manfaat Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta Menjalani padatnya aktivitas setiap hari memungkinkan Anda terkena stres. Hal ini membuat Anda memerlukan refleksi ke alam bebas untuk sekedar menghirup udara segar yang bisa membuat jiwa lebih tenang.

Namun, ternyata Anda tidak perlu mengunjungi taman kota, atau berlibur ke pegunungan setiap saat. Cukup taruh tanaman hijau di sudut rumah atau di sekitar ruangan Anda.

Dengan menaruh tanaman hijau di rumah, Anda mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Seperti ketenangan jiwa saat dirundung banyak masalah dan memperlancar peredaran darah.

Bagi Anda yang ingin memiliki ketenangan di rumah, dapat menaruh tanaman hijau di dalam rumah untuk mendapatkan enam manfaat berikut yang dilansir dari situs Littlethings, Jumat (25/11/2016).

1. Menghasilkan banyak oksigen

Tak Disangka, Taruh Tanaman di Rumah Bikin Jiwa Lebih Tenang

Tanaman membuat ruangan Anda penuh dengan oksigen. Tanaman menyerap karbon dioksida di dalam ruangan dan mengubahnya menjadi oksigen sehingga membuat ruangan Anda jauh lebih segar dan sehat. Dengan adanya tanaman di rumah dapat mengatur sirkulasi udara dengan baik.

2. Membantu Anda lebih fokus

Tak Disangka, Taruh Tanaman di Rumah Bikin Jiwa Lebih Tenang

Pernahkah Anda merasakan separuh hari kerja Anda dihabiskan untuk diam, termenung, atau pekerjaan kurang penting lainnya. Sehingga pekerjaan tersebut tidak selesai tepat waktu. Hal tersebut karena Anda kehilangan fokus ketika bekerja.

Jangan khawatir, Anda dapat menaruh tanaman hijau pada ruang kerja, sehingga membuat Anda jauh lebih tenang dan fokus ketika melakukan sesuatu hal. Hal ini terjadi karena saat Anda bekerja, daun pada tanaman menarik pandangan mata kemudian membuat Anda kembali fokus.

Mencegah penyakit

3. Mencegah penyakit

Tak Disangka, Taruh Tanaman di Rumah Bikin Jiwa Lebih Tenang

Menempatkan tanaman hijau di rumah merupakan cara praktis untuk melindungi Anda dari penyakit yang datang seperti flu dan demam. Tanaman bertindak sebagai bahan alami untuk mengatur kelembapan di udara. Hal ini membantu untuk mencegah Anda dari sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan batuk serta meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Memberikan kebahagiaan

Tak Disangka, Taruh Tanaman di Rumah Bikin Jiwa Lebih Tenang

Saat menghirup udara segar merupakan momen yang membahagiakan. Namun di tengah kesibukan ini sulit bagi Anda menemukan kebahagiaan. Namun dengan menempatkan tanaman di sudut ruangan dapat membantu Anda menjadi lebih bahagia. Melihat tanaman hijau menyegarkan mata dan membuat mood semakin baik.

Menurunkan tekanan darah

5. Menurunkan tekanan darah

Tak Disangka, Taruh Tanaman di Rumah Bikin Jiwa Lebih Tenang

Jika memiliki masalah pada tekanan darah tinggi, Anda membutuhkan suplemen kesehatan dan tanaman hijau. Seperti penelitian dari Kansas State University bahwa pasien sehabis operasi akan lebih mudah menurunkan tekanan darahnya dengan menaruh tanaman dan bunga di ruangan. Bunga dan tanaman hijau yang segar dapat memberikan efek relaks dan ketenangan pikiran. Hal ini membuat tekanan darah Anda semakin baik tentunya.

6. Membantu tidur lebih nyenyak

Tak Disangka, Taruh Tanaman di Rumah Bikin Jiwa Lebih Tenang

Menaruh tanaman di sisi tempat tidur dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Tanaman hijau memberikan oksigen yang baik sehingga membuat Anda nyaman ketika tidur. Anda juga dapat menambahkan pewangi ruangan dengan aroma segar seperti jasmin dan lavender sebagai aromaterapi menemani tidur Anda. 

Artikel Selanjutnya
Langkah Mudah Tanam Cabai di Rumah
Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas