Sukses

Suka Menyendiri? Periksa Kadar Kecerdasan Anda di Sini

Ternyata, hobi menyendiri dapat menjadi ukuran dari kecerdasan Anda, penasaran? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah menemukan rasanya lebih senang sendirian daripada harus berinteraksi sosial? Atau apakah Anda sering merasa lebih suka menghabiskan beberapa jam menyendiri daripada menempatkan diri dalam percakapan dengan orang lain?

Dilansir dari mydomaine.com, Jumat (25/11/2016), tak hanya kepribadian, ternyata kebiasaan dan kesenangan Anda untuk menyendiri ada hubungannya dengan tingkat kecerdasan. Mereka yang pandai menjalin hubungan dengan orang seringkali dianggap lebih maju dan sukses dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan mereka yang jarang keluar atau kurang pergaulan, masyarakat cenderung meremehkan potensi yang dimiliki.

Faktanya justru berkebalikan dengan kepercayaan populer di atas. Ternyata, mereka yang sering menghabiskan waktu sendirian dan lebih memilih soliter dalam interaksi sosial sebenarnya justru lebih cerdas.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, para peneliti menganalisis kepribadian individu yang berusia antara 18 sampai 28 tahun untuk mensosialisasikan kebahagiaan mereka. Secara mengejutkan, mereka yang tingkat sosialisasi yang baik justru mengalami penurunan kebahagiaan.

Hal ini berhubungan dengan fenomena evolusi yang telah begitu maju. Mengapa? Semakin sedikit seseorang berhubungan atau bergantung pada orang lain untuk makanan, tempat tinggal, ataupun perlindungan, maka semakin bahagia orang tersebut. Selain itu, Anda juga akan lebih fokus pada tujuan jangka panjang, ambisi, dan prioritas bekerja untuk masa depan, daripada terganggu dengan peluang berosialisasi masa kini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini