Sukses

6 Manfaat Tak Terduga dari Merajut bagi Diri Sendiri

Merajut memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi diri sendiri. Simak ulasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Belajar bagaimana merajut mungkin bukan hal umum yang dilakukan oleh anak muda masa kini. Tidak hanya untuk orang tua atau nenek-nenek lagi, merajut memiliki berbagai manfaat luar biasa bahkan bagi diri sendiri, seperti dikutip dari situs Lifehack, Selasa (22/11/2016).

1. Memberikan Anda rasa bangga

Tidak banyak orang tahu cara merajut. Memamerkan sesuatu yang telah dirajut dengan seseorang yang tidak tahu tentang rajutan akan membuat orang lain kagum terhadap Anda.

2. Memiliki manfaat yang sama dengan meditasi

Setelah Anda mengetahui apa yang Anda lakukan, merajut bisa menjadi kegiatan yang santai dan menyenangkan. Projek merajut sederhana biasanya melakukan beberapa jahitan yang sama berulang-ulang. Hal ini merupakan kegiatan relaksasi yang memiliki manfaat sama seperti meditasi.

Meredakan gejala kecemasan, stres, dan depresi

3. Meredakan gejala kecemasan, stres, dan depresi

Gerakan ritmis dan rasa fokus dapat membantu mengalihkan perhatian dari gejala kecemasan, depresi, dan stres. Duduk diam untuk merajut mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah Anda setelah beberapa menit. Karena itu, merajutlah ketika Anda mulai merasa cemas atau depresi. Merajut dapat membantu meredakan gejala-gejala tersebut.

4. Membantu meningkatkan fungsi motoric

Merajut bisa merangsang hampir seluruh otak sekaligus. Lobus frontal (yang memandu proses imbalan, perhatian dan perencanaan), lobus parietal (yang menangani informasi sensorik dan navigasi spasial), lobus oksipital (yang memproses informasi visual), temporal lobus (yang terlibat dalam menyimpan kenangan dan menafsirkan bahasa dan makna), dan otak kecil (yang mengkoordinasikan presisi dan pengaturan gerakan). Hal ini dapat digunakan untuk membantu orang-orang dengan penyakit seperti parkinson dan meningkatkan fungsi motorik mereka. Keduanya membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan mengalihkan perhatian dari gejala nyeri lainnya.

Memperlambat penurunan kognitif

5. Memperlambat penurunan kognitif

Selain membantu meningkatkan fungsi motorik dan suasana hati, merajut juga merangsang otak Anda untuk tetap sehat. 

Menurut Mayo Clinic, orang tua yang terlibat dalam kegiatan kerajinan, termasuk merajut, memiliki sekitar 30-50 persen lebih kecil kemungkinan memiliki kerusakan kognitif ringan dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kegiatan kerajinan.

6. Membantu mencegah arthritis dan tendinitis

Anda harus menggunakan otak Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat. Merajut bahkan lebih baik untuk melatih otak daripada mengetik. Untuk Anda yang memiliki arthritis, Dr Barron merekomendasikan merendam tangan Anda dalam air hangat dan menggunakan jarum rajut yang lebih besar untuk menciptakan karya Anda.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini