Sukses

Manfaat Menguasai Banyak Bahasa Asing

Liputan6.com, Jakarta Berapa bahasa asing yang Anda kuasai? Hanya satu? Dua? Atau bisa jadi sangat banyak. Tahukah Anda sangat menyenangkan jika menguasai banyak bahasa asing. Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui penguasaan bahasa asing yang banyak ini. Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beragam suku bangsa memiliki banyak sekali bahasa daerah. Tidak semua orang yang tinggal di Indonesia menguasai semua bahasa daerah. Mungkin mereka hanya menguasai tiga atau empat bahasa daerah. Untungnya ada bahasa kesatuan yaitu bahasa Indonesia yang bisa mempersatukan seluruh penduduk Indonesia untuk bisa berkomunikasi dan saling mengerti satu dengan lainnya.

Dilansir dari weforum.org, Senin (21/11/2016) penelitian menunjukkan bahwa menguasai banyak bahasa asing akan membuat Anda awet muda. Menguasai banyak bahasa untuk berbicara dengan orang lain, ternyata juga menimbulkan dampak positif yang besar terhadap perkembangan otak. Ada manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menguasai lebih dari satu bahasa.

Memudahkan Komunikasi

Memudahkan Komunikasi
Kalau Anda bepergian ke negara atau daerah yang menggunakan bahasa asing yang berbeda dari tempat Anda berasal, Anda tidak akan jadi orang yang linglung karena tidak tahu bagaimana berkomunikasi dengan orang asing di tempat yang dikunjungi.

Seorang pemandu wisata tidak selamanya akan membantu Anda untuk menerjemahkan bahasa setempat. Lebih mudah untuk mendapatkan yang dibutuhkan ketika Anda dapat berbicara dengan bahasa setempat saat Anda sedang berada di luar negeri atau daerah yang berbeda dengan tempat Anda berasal.

Menambah Wawasan
Tidak selamanya pengetahuan yang ingin didapatkan tersedia dalam satu bahasa yang selama ini dikuasai. Mungkin Anda bisa mendapatkan sumber informasi yang dibutuhkan dari buku–buku berbahasa asing. Pastinya Anda perlu untuk menguasai bahasa asing dari buku–buku itu agar Anda bisa menerjemahkan dan mengerti apa yang terkandung dalam buku yang dibaca. Membaca buku berbahasa asing yang dituliskan dengan berbagai sudut pandang, budaya dan pemikiran yang berbeda akan memperkaya wawasan dengan sangat luas dibandingkan jika Anda hanya membaca buku dari satu bahasa saja.

Menambah Penghasilan

Menambah Penghasilan
Anda sudah menguasai banyak bahasa asing? Pandai berbicara atau menulis dengan bahasa itu? Anda termasuk orang yang beruntung. Tidak banyak orang yang mampu untuk menguasai banyak bahasa. Hal ini bisa membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan sumber pendapatan baru. Anda bisa saja menjadi seorang penerjemah bahasa asing, menjadi pemandu wisata atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan keterampilan Anda dalam berkomunikasi dengan banyak bahasa. Pemasukan yang bisa Anda dapatkan tidak sedikit loh. Tertarik?

Melia Citra

Artikel Selanjutnya
Daftar Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur, Ada Indonesia?
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Penerjemah Terbaik untuk Traveler