Sukses

Apakah Anda Masih Berani Tidur dengan Sisa Makeup? Ini Alasannya

Ini alasannya mengapa Anda tidak boleh menggunakan makeup pada saat tidur.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda kerap lupa untuk membersihkan wajah dari sisa makeup yang telah digunakan seharian? Aktivitas yang padat tentu membuat Anda akan merasa kelelahan di malam hari sehingga sering melupakan rutinitas yang satu ini. Tapi tahukah Anda bahwa membiarkan makeup tetap menempel pada kulit wajah, akan berdampak buruk pada kesehatan kulit Anda? Mulai sekarang hentikan kebiasaan malas Anda yang satu ini.

Menurut Dr. Ted Lain, seorang ahli dermatologist yang dikutip dari Seventeen pada Senin, (21/11/2016) menjabarkan 5 alasan menakutkan, mengapa Anda tidak boleh menggunakan makeup pada saat tidur:

1. Ketika Anda tidur masih dalam keadaan wajah penuh sisa makeup, produksi minyak pada area dahi dan hidung (T-zone) akan tersumbat pada lubang pori-pori wajah. Hal ini juga menyebabkan kulit terinfeksi bakteri berbahaya.

2. Sisa eyeshadow yang tidak dibersihkan, dapat menyumbat kelenjar minyak dan folikel rambut halus pada kelopak mata. Kebiasaan ini juga menyebabkan infeksi atau pembengkakan pada kelopak mata

3. Makeup yang dibiarkan semalaman pada wajah, dapat menyumbat pori-pori akibat sel kotoran, minyak dan sel kulit mati yang tertahan pada wajah. Hal ini yang menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat yang besar dan komedo di sekitar wajah

4. Ketika Anda tidur, maskara dan eyeliner yang masih menempel pada mata akan menyebabkan iritasi dan gatal. Secara tidak sadar, Anda akan sering menggosok bagian mata sehingga sisa maskara dan eyeliner akan mengelupas secara kasar dan merusak helaian bulu mata. Anda mungkin bisa membayangkan bentuk wajah Anda pada saat bangun tidur dengan area di sekitar mata akan berwarna hitam.

5. Tanpa Anda sadari, lipstik yang dibiarkan menempel pada bibir ketika tidur bisa tertelan. Anda bisa bayangkan bahanya zat kimia yang terkandung pada lipstik ketika masuk ke tubuh. Selain itu, Lilin yang terkandung pada kebanyakan produk pemulas bibir dapat menyebabkan pori-pori di sekitar kulit Anda akan mengkerut dan bisa berubah menjadi komedo kecil.

Apakah Anda masih berani tidur dengan menggunakan makeup?


Latifah Gusri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini