Sukses

4 Keuntungan Segera Pensiun dan Tinggal Desa

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan segera pensiun dan tinggal di desa.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sudah lama memimpikan kehidupan yang tenang di tengah hiruk-pikuknya aktifitas perkotaaan, mungkin ini saatnya Anda mengambil keputusan untuk segera pensiun. Ketakutan akan jaminan hidup ke depan bisa saja Anda rasakan, tetapi memilih untuk hidup sederhana bisa jadi pilihan Anda untuk memperkecil biaya hidup ke depannya. Apalagi jika Anda memutuskan untuk tinggal di desa dengan tempat tinggal yang sederhana, rasanya tidak perlu merisaukan bagaimana kebutuhan hidup Anda akan terpenuhi nanti.

Anda hanya cukup mulai membayangkan bagaimana nikmatnya hidup di desa dengan alamnya yang hijau, udara yang segar dan kualitas waktu untuk menikmati hidup.

Dilansir dari tinyhouseblog.com, Senin (21/11/2016) ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan segera pensiun dan tinggal di desa.

Biaya Hidup Rendah, Kualitas Hidup Tinggi
Mengapa Anda hanya memerlukan biaya hidup yang rendah ketika tinggal di desa? Jawabannya karena Anda memutuskan untuk menerapkan pola hidup sederhana. Anda tidak perlu mengejar semua standar hidup yang tinggi seperti kalau tinggal di perkotaan. Bahkan untuk sumber pangan pun Anda bisa mulai menanam sendiri semua makanan yang ingin dinikmati. Anda bisa mulai memelihara ikan di kolam kecil atau sesekali pergi memancing di sungai desa.

Budaya berjalan kaki yang diterapkan masyarakat pedesaan juga membantu untuk berhemat. Biaya transportasi pada akhirnya bisa dialihkan untuk kebutuhan yang lain.

Menghilangkan Keresahan Mencicil Rumah
Sebagian masyarakat perkotaan masih diwarnai kecemasan untuk mampu melunasi hutang membayar cicilan rumah. Bahkan ketika sudah tua dan memasuki usia pensiun sekalipun. Lain halnya jika Anda tinggal di desa. Memutuskan tinggal di rumah kecil sederhana yang Anda bangun sendiri dan hanya memerlukan sedikit biaya akan membuat hidup lebih tenang. Anda akan terhindar dari keresahan untuk membayar hutang yang tak kunjung lunas hanya untuk biaya tempat tinggal.

Berkumpul dengan Komunitas Desa Mengobati Kesepian

Berkumpul dengan Komunitas Desa Mengobati Kesepian
Jika usia Anda sudah di atas setengah abad dan keluarga sudah tidak lagi berkumpul karena sudah membentuk kehidupan sendiri, Anda tidak perlu khawatir merasa kesepian. Anda akan memiliki banyak peluang untuk tetap berhubungan dengan banyak orang ketika anda bergabung dalam komunitas–komunitas yang ada di desa. Misalnya komunitas petani hidroponik, komunitas pemancing ataupun anda bisa mulai membentuk komunitas baru bersama masyarakat di sana. Mengadakan acara makan bersama di alam terbuka juga akan semakin mempererat hubungan Anda dengan masyarakat sekitar.

Menjunjung Nilai Kearifan dan Berpartisipasi Menjadikan Dunia Jadi Lebih Baik

Menjunjung Nilai Kearifan dan Berpartisipasi Menjadikan Dunia Jadi Lebih Baik
Kehidupan sederhana di pedesaan diwarnai dengan nilai-nilai kearifan yang penuh dengan nasehat bijaksana agar hidup dapat berjalan tentram dan damai. Termasuk untuk tetap memelihara kelestarian alam. Pensiun dan tinggal di desa membuat Anda bisa memahami nilai kearifan lokal, yang sudah diturunkan leluhur kepada masyarakat di desa itu. Penerapan nilai kearifan ini dalam kehidupan sehari-hari juga membuat Anda berpartisipasi untuk menjadikan dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik.

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Karier adalahperkembangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan, dsb.

    Karier

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

  • Life