Sukses

3 Cara Mudah Jaga Lingkungan ala Nadine Chandrawinata

Liputan6.com, Jakarta Aktris Nadine Chandrawinata dikenal sebagai sosok aktivis lingkungan. Ternyata, hal ini dimulai dari kecintannya terhadap alam. Nadine menceritakan pengalaman travelingnya ke Wamena, Papua, beberapa waktu lalu, yang menjadi titik balik ia harus menyelematkan lingkungan.

"Saat melewati jalan saya mendengar ada suara mesin seperti memotong pohon. Ternyata sedang terjadi pembalakan, saya benar-benar menangis ketika melihat pohon-pohon berjatuhan dengan binatang-binatang di sekitarnya," ujarnya dalam acara 'Go Wild For Hutan Batang Toru' bersama The Body Shop di Jakarta, akhir pekan lalu.

Nadine pun menyarankan setiap orang memulai dari hal-hal kecil untuk menjaga lingkungan. Karena sekecil apa pun dampaknya tetap bisa dirasakan.

"Mungkin enggak semua orang bisa seperti saya yang bisa ke alam langsung, bagaimana orang-orang di perkotaan untuk membantu menjaga lingkungan? Sebenarnya ada banyak yang bisa dilakukan," ujar wanita 32 tahun ini.

Setidaknya ada tiga hal yang disebutkan wanita yang pernah mengikuti ajang Miss Universe ini.

Tisu

1. Kurangi penggunaan tisu
Tisu terbuat dari pohon sehingga mengurangi konsumsinya akan menurunkan permintaan penebangan pohon yang bisa merusak hutan.

"Kalau biasa pakai tisu lima lembar kurangi lah menjadi satu lembar, atau memakai sapu tangan," ujar Nadine.

Kantong plastik

2. Kurangi penggunaan kantong plastik
Plastik lama terurai sehingga pembuangannya akan merusak alam. Banyak sampah plastik yang terbuang di laut yang akhirnya merusak biota laut. Maka Nadine menyarankan untuk membawa tas sendiri.

"Kalaupun kepepet banget harus pakai plastik, maka jangan didobel, satu saja sudah cukup," kata dia.

Botol minum

3. Bawa botol minum sendiri
Saat berpergian, Anda akan butuh minum. Botol minum plastik memang praktis, tetapi limbahnya akan lama terurai sehingga dapat merusak lingkungan.

"Membawa botol minum sendiri di tumblr lebih bijak daripada memakai air minum dalam botol plastik," kata Nadine.

Artikel Selanjutnya
Cuma Bayar Listrik Rp 10 ribu, Hidup di Desa Buat Iri Orang Kota
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Cara Bersihkan Karpet Setelah Lebaran