Sukses

Kesulitan Membuat Tim Solid Saat Bekerja? Terapkan Hal Ini

Mendapatkan tim yang bisa memberikan kerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan, memang butuh trik. Terapkan langkah-langkah ini,

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan tim yang bisa memberikan kerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan, memang butuh trik. Selain memberikan banyak manfaat, tim yang baik juga akan meningkatkan produktifitas kerja dan menyelesaikan target yang sudah disusun. Tapi tidak bisa menjaga tim yang ada juga berdampak buruk bagi pertemanan dan karier. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengasilkan tim yang menyenangkan dan produktif seperti dirilis oleh lifehacks.org, Rabu (23/11/2016).

Jadilah komunikator yang baik
Komunikasi merupakan media yang sangat efektif untuk menyamakan pendapat dan membahagiakan para anggota tim. Untuk itu jadilah pendengar yang baik dan tetaplah pada isu yang dibicarakan hingga tercapai solusi. Dalam berbicara usahakan tatap mata lawan bicara dan berikan pertanyaan untuk meyakinkan anggota kelompok bahwa pendapat mereka akan didengarkan dan dipertimbangkan.

Hargai kehidupan rekan kerja
Jika Anda selalu mengatur kehidupan mereka setiap hari, jangan harap produktifitas mereka akan meningkat. Bahkan mereka akan tertekan dengan perlakuan Anda pada mereka. Untuk itu percayailah mereka dengan seluruh keputusan yang telah dibuat dan tawarkan hadiah kecil untuk setiap pencapaian mereka. Berikan waktu kerja fleksibel dengan tanggung jawab yang dipegang oleh setiap anggota tim. Bila mereka merasa kurang terlatih, berikan pelatihan yang sesuai dengan tanggung jawab mereka.

Jadilah pribadi yang bahagia
Bila Anda ingin kelompok yang bahagia, maka jadilah pribadi yang bahagia ketika bekerjasama dengan tim. Bukan berarti malas-malasan, namun menjadi pribadi bahagia akan mendukung anggota tim lebih nyaman dalam mengerjakan target-target dalam pekerjaan. Selain itu hargai kesehatan mereka dengan memberikan berbagai insentif yang berhubungan dengan kesehatan. Memberikan beberapa hari libur juga bisa memberikan kebahagiaan pada anggota tim kerja. Tapi jangan lupa ingat batasan waktu kerja dan tidak bekerja untuk menghargai kehidupan para anggota tim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini