Sukses

Jika Anda Cemas Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Kerap merasa cemas tiba-tiba? Lakukan beberapa hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tiap orang punya alasan sendiri untuk melakukan suatu tindakan. Rasa cemas dan kekhawatiran pun bisa menjadi pendorong kuat untuk seseorang bertindak. Namun apa jadinya ketika kecemasan ini justru berkepanjangan. Anda hanya akan berkutat dengan hal yang itu–itu saja tanpa bisa meneruskan hidup Anda. Dilansir dari helpguide.org, Jumat (18/11/2016) ada beberapa hal yang bisa menolong Anda keluar dari kecemasan yang berkepanjangan.

Membatasi Masa Cemas
Anda boleh untuk mencemaskan sesuatu. Rasa cemas ini membantu Anda untuk mengetahui hal apa saja yang mesti anda selesaikan dalam hidup Anda. Tentu saja rasa cemas ini jangan sampai berkepanjangan. Waktu Anda akan habis hanya untuk mengkhawatirkan hal yang belum ada titik temunya, sementara masih banyak yang harus Anda selesaikan. Membatasi waktu untuk merasa cemas perlu Anda lakukan. Misalnya Anda cemas akan tagihan yang belum dibayar. Cukup ambil waktu untuk merasa cemas beberapa menit saja, selanjutnya kerjakan apa saja yang bisa Anda lakukan saat itu.

Bertanya Pada Diri Sendiri

Bertanya Pada Diri Sendiri
Menyediakan waktu untuk memahami diri dalam menyelesaikan suatu hal, bisa membantu Anda memecahkan masalah yang sedang Anda cemaskan. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah masalah yang sedang dihadapi bisa diselesaikan atau tidak. Perlu untuk mempertimbangkan berbagai kondisi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Misalnya kemampuan diri, waktu, keuangan dan lain sebagainya.

Hilangkan Sikap Pesimis
Rasa cemas yang berlebihan, berasal dari cara pandang dalam melihat hal yang dicemaskan secara berlebihan. Misalnya ketika Anda batuk sedikit saja Anda sudah khawatir terkena penyakit paru– paru. Perlu untuk melihat secara detail dan objektif hal yang kita cemaskan. Jika ternyata kecemasan itu hanya berasal dari pikiran negatif yang dipelihara, Anda perlu untuk membuang pikiran negatif yang membuat Anda cemas ini. Kecemasan yang berlebihan datang dari rasa pesimis. Perlu untuk membangkitkan rasa optimis dan menghilangkan sikap pesimis untuk Anda bisa keluar dari kecemasan yang berlebihan.

Menerima Ketidakpastian

Menerima Ketidakpastian
Rasa cemas datang dari hal yang tidak pasti. Lebih mudah menerima hal yang pasti meskipun kenyataannya pahit. Kekhawatiran akan hal yang tidak pasti bisa jadi karena ketakutan tidak dapat menghadapi apa yang akan datang di masa mendatang. Ada baiknya untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk yang akan dihadapi dan menerima ketidakpastian dalam hidup. Ini akan membuat Anda lebih tenang dan meneruskan hidup Anda dengan optimis.

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini