Sukses

5 Cara Instan Menghilangkan Stres dalam Setiap Situasi

Kendalikan stres dan meredamnya dengan lima cara instan ini

Liputan6.com, Jakarta Tak ada orang yang benar-benar mengatakan "Saya 100 persen bebas stres." Semua orang tak ada yang rentan terhadap stres.

Terlepas dari keadaan hidup Anda, stres memainkan peran dalam beberapa bentuk. Berikut adalah lima tips ampuh membunuh stres di hampir setiap situasi yang dilansir dari lifehack.org, Kamis (17/11/2016).

1. Makan Sehat
Meskipun stres secara psikis lebih mendominasi, ada juga banyak faktor fisik yang berkontribusi. Untuk mengurangi stres, pastikan Anda memperlakukan tubuh secara benar seperti mengonsumsi makanan sehat.

"Tidak ada makanan 'anti-stres. Namun cobalah menyantap lemon, kacang, bawang, nanas, biji labu, raspberry, ubi jalar, jus sayuran, dan semangka yang mengandung kadar alkaki," kata Gilles Barbot, pendiri dan direktur Esprit de Corps, sebuah program pembinaan kepemimpinan.


2. Bangun Lebih Awal
Memang benar jika Anda lebih banyak tidur, akan sedikit rentan pada stres. Namun, bangun 15 atau 20 menit lebih awal setiap pagi mungkin memiliki manfaat lebih daripada tidur lebih lama.

Dengan memberikan beberapa waktu tambahan, Anda tidak akan merasa terburu-buru atau merasa letih di pagi hari. "Luangkan waktu di pagi hari untuk fokus. Banyak orang yang menghabiskan energi di pagi hari karena bangun kesiangan," jelas psikolog berbasis di San Francisco Leslie, Carr menyarankan.

3. Biarkan Stres Memotivasi Anda
Karena Anda tidak akan pernah bisa menghilangkan 100 persen dari stres dalam hidup, salah satu hal terbaik adalah membiarkannya memotivasi Anda. Reaksi psikologis dan fisik yang disebabkan oleh stres seharusnya meningkatkan indera untuk memberdayakan Anda melewati dan menaklukannya.


4. Tonton Klip Video Lucu
Berikut tip sederhana dan praktis: Menonton klip video lucu di media sosial. Penelitian menunjukkan melihat sesuatu yang lucu mengaktifkan bagian otak yang menghasilkan respon tenang dan ketenangan. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan lebih banyak kebahagiaan.

5. Berjalan-jalan
Berjalan meningkatkan endorfin dalam tubuh yang meredakan depresi ringan dan meningkatkan suasana hati. Akibatnya, Anda akan merasa kurang stres dan lebih waspada.

Satu studi di Inggris menunjukkan jalan-jalan di ruang hijau dianggap otak menjadi "keadaan meditasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini