Sukses

Hindari Beragam Penipuan Saat Traveling dengan Cara Ini

Agar perjalanan traveling Anda berjalan dengan maksimal , simak 6 hal berikut ini agar terhindar dari penipuan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda berlibur dan traveling ke tempat asing, beragam kondisi tak terduga kerap terjadi.Apalagi bila Anda baru pertama kali mengunjungi daerah wisata tersebut dan rentan dengan hal-hal seperti pelecehan, hingga penipuan.

Maka dari itu ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang dilansir dari gettourisminfo.com, pada Selasa (15/11/2016), inilah beberapa yang sebaiknya Anda lakukan saat traveling ke tempat asing.

1. Selalu mengatakan bahwa Anda berlibur bersama teman

Solo traveler adalah target yang paling rentan dari tindak kejahatan, Anda mungkin akan menjadi target dari orang jahat ketika berlibur sendirian. Jadi, berbohong tentang memiliki teman saat berlibur dapat membantu Anda menghindari mereka untuk memperhatikan Anda yang berujung pada kejahatan.

Ini bukan pertama kalinya Anda berkunjung ke sini

2. Ini bukan pertama kalinya Anda berkunjung ke sini

Berpura-puralah bahwa saat Anda liburan bukan merupakan kunjungan pertama Anda ke tempat itu. Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda memahami keadaan di sekitar Anda, dan mengetahui cara bagaimana menangani masalah. Misalnya, bila Anda melakukan kebohongan ini, supir taksi tidak akan memilih rute yang jauh ke tempat tujuan Anda sehingga Anda harus membayar lebih mahal.

3. Pacar atau suami Anda datang bersama dengan Anda

Untuk Anda wanita yang berlibur sendiri, cara terbaik untuk menghindari masalah saat berlibur adalah berpura-pura memiliki pacar atau suami yang keberadannya ada di sekitar Anda. Ini akan menjauhkan Anda dari lelaki yang mempunyai niat jahat kepada Anda dan akhirnya membuatnya menjauh dari Anda.

Anda menginap di tempat kerabat, atau Anda tidak ingat persis di mana tempat Anda menginap

4. Anda menginap di tempat kerabat, atau Anda tidak ingat persis di mana tempat Anda menginap

Ketika orang asing mencoba ramah dan memulai percakapan dengan Anda, tidak apa-apa. Tetapi jika mereka mencoba untuk mengorek informasi pribadi Anda, sebaiknya Anda menghindari mereka. Jangan pernah memberikan nomor handphone atau telepon hotel Anda kepada orang yang baru saja Anda kenal, dan jangan juga memberi tahu tempat di mana Anda menginap.

5. Pastikan GPS Anda selalu menyala
Kebohongan ini merupakan cara yang paling aman saat Anda berpergian dan traveling ke sebuah negara yang rentan kriminalitas, Anda harus waspada saat berkendara dengan taksi pada malam hari. Sopir taksi mungkin memiliki niat jahat, apalagi jika dia tahu Anda seorang wisatawan. Bila Anda mengatakan ini, dia akan sangat berhati-hati dengan gerak gerik Anda.

6. Bahasa Inggris Anda tidak terlalu baik atau Anda tidak mengerti bahasa lokal setempat
Untuk tetap menjauh dari calo yang akan mengganggu Anda dan mengikuti Anda sepanjang jalan, sebaiknya Anda pura-pura untuk tidak mengerti bahasa apa yang dia gunakan. Anda bisa berpura-pura menggunakan bahasa dengan acak dari bahasa yang dia gunakan. 

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini