Sukses

5 Bagian Tubuh yang Sering Terlupakan oleh Calon Pengantin

Untuk Anda calon pengantin, perhatikan 5 bagian tubuh berikut ini untuk dirawat dengan sebelum hari pernikahan tiba.

Liputan6.com, Jakarta Para calon pengantin wanita masa kini sangat paham tentang pentingnya memiliki bentuk tubuh sempurna, rambut bersinar, wajah bersih, dan kuku cantik sebelum hari besar mereka.

Tapi di antara jadwal facial, kelas yoga, dan perawatan rambut, beberapa pengantin kadang lupa memperhatikan perawatan area tubuh kecil atau tersembunyi yang juga perlu dipersiapkan.

Berikut lima bagian tubuh penting yang kadang suka terlupakan:

Ketiak

Memiliki warna kulit ketiak yang gelap sangat tidak indah, terutama jika di hari besar nanti Anda menggunakan gaun pengantin tanpa tali atau lengan. Tiga bulan sebelum hari pernikahan, cobalah untuk tidak mencukur ketiak dengan menggunakan pisau cukur. Lebih baik lakukan perawatan waxing saja.

Mau mencerahkan ketiak sendiri di rumah? Buat campuran baking soda dengan air. Gosokan pada ketiak, lalu cuci hingga bersih. Lakukan ritual ini beberapa kali seminggu.

Siku tangan dan lutut

Siku tangan dan lutut

Penumpukan kulit mati yang tebal pada bagian siku tangan dan lutut bisa menyebabkan kulit menjadi kehitaman dan kasar. Atasi dengan menggosok area tersebut dengan campuran air perasan 1 buah lemon dengan 1 sendok makan madu.

Air lemon memiliki zat alami yang bisa memutihkan, sedangkan madu bertugas melembabkan kulit dan mencegahnya menjadi kehitaman.

Tumit

Selain tak sedap dipandang, tumit yang pecah-pecah akan membuat Anda tidak nyaman saat berjalan. Coba campurkan segenggam ground rice dengan beberapa sendok teh madu dan cuka apel. Aduk hingga menjadi adonan yang kental.

Kemudian rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit, lalu secara perlahan gosokan tumit dengan adonan beras yang sudah dibuat. Cara ini akan bantu mengikis sel kulit mati di tumit dan memberi efek melembapkan juga.

Kulit kepala

Kulit kepala

Meski tampak sepele, kulit kepala yang tidak sehat bisa benar-benar sebabkan masalah, misal ketombe. Solusinya, gunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione, selenium sulfide, salicylic acid, dan ketoconazole.

Zinc pyrithione bertugas menekan bertumbuhan fungi. Selenium sulfide mampu membatasi pergantian sel dan menekan pertumbuhan fungi. Sedangkan salicylic acid bekerja mengikis kulit mati, sedangkan Ketoconazole bertugas melawan jamur.

Punggung

Mengenakan gaun pengantin dengan model backless membutuhkan kondisi kulit punggung yang bersih. Bersihkan punggung dari tumpukan minyak, kotoran, dan polusi setiap kali mandi dengan menggunakan sikat punggung.

Gunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide yang bantu melawan jerawat di bagian punggung. Gosok dan lembapkan daerah punggung secara rutin. Karena area ini sulit dijangkau dengan tangan sendiri, Anda bisa meminta bantuan orang lain, seperti di salon atau klinik kecantikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.