Sukses

Jangan Lakukan 3 Kesalahan Atur Uang Ini Saat Libur Akhir Tahun

Memasuki musim liburan akhir tahun, jaga keuangan Anda dengan beberapa tips di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Akhir tahun selalu diibaratkan dengan musimnya liburan. Dengan semua perayaan yang ada, satu hal yang tidak mungkin dihindari adalah kesalahan dalam mengatur keuangan.

Sebelum Anda melakukan kesalahan yang mungkin akan merugikan keuangan sendiri, sadari beberapa kesalahan yang sangat mungkin dilakukan di musim liburan ini, seperti dilansir dari mydomaine.com, Senin (28/11/2016).

1. Penggunaan kartu kredit
Satu-satunya hal yang paling umum dilakukan oleh semua orang memasuki musim liburan adalah menggunakan kartu kredit. Akan banyak sekali toko yang mencoba menawarkan suku bunga rendah, ketika Anda menggunakan kartu kredit. Tahan diri Anda untuk menghabiskan uang untuk membeli hadiah-hadiah yang mewah.

2. Mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan hadiah
Akan selalu ada permainan seperti ini, membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan target yang telah direncanakan. Jangan tergoda dengan hal ini, karena uang tersebut dapat digunakan untuk hal-hal lainnya setelah musim liburan selesai.

3. Tidak membuat anggaran
Ketika membuat anggaran liburan, hadiah mungkin ada di dalam daftar, namun bagaimana dengan pembungkus kado, kartu ucapan, dan berbagai hal kecil lainnya?
Sementara mungkin biayanya terlihat sedikit dan sepele, namun jika digabungkan, biayanya akan terasa. Tambahkan berbagai hal kecil yang mungkin terjadi, sehingga saat dibutuhkan, Anda tidak akan bergantung pada kartu kredit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.