Sukses

10 Alasan Tidur Bagian Terpenting Hidup Anda

Liputan6.com, Jakarta Meski tidur mutlak diperlukan, banyak orang memiliki hubungan cinta-benci dengannya. Bahkan, tidak jarang kita mendengar pengusaha atau orang yang Go-getter lainnya mengutuk tidur dengan mengatakan, "Saya akan tidur ketika aku mati."

Sudut pandang yang dapat membantu mereka memulai bisnis baru beberapa hari lebih cepat. Ada banyak alasan ilmiah terbukti bahwa Anda perlu mendapatkan tidur malam yang baik.

Jika mengabaikan kebutuhan ini, ada risiko besar yang harus ditanggung. Seperti melansir dari lifehack.com, Rabu (16/11/2016);

1. Tidur Membantu Mencegah Diabetes dan Penyakit Jantung
Setiap orang memiliki masalah kantuk dari waktu ke waktu, tetapi jika Anda menderita kurang tidur kronis, peluang untuk mengembangkan penyakit jantung atau diabetes tipe 2 secara signifikan akan meningkat. Dengan pemikiran ini, individu yang memiliki insomnia, sleep apnea atau komplikasi lain yang membuat sulit untuk memiliki istirahat di malam hari harus mempertimbangkan berbicara dengan dokter untuk mendapatkan bantuan tidur.

2. Tidur Dapat Membuat Anda Merasa Lebih Baik
Anda pasti pernah merasakan nikmatnya bangun setelah tidur malam dengan cukup dan baik. Pikiran lebih tajam, tubuh kita kembali pulih, dan kita lebih segar secara fisik dan emosional untuk siap menghadapi hari-hari. Sayangnya, sampai ke tahap seperti ini sangat sulit bagi beberapa orang.

1 dari 5 halaman

10 Alasan Tidur Bagian Terpenting Hidup Anda

3. Tidur Membantu Mengatur Berat Badan
Pernahkah Anda merasa lapar ketika kurang tidur? Para peneliti dari Hendrix College mempelajari fenomena ini dengan mahasiswa. Mereka membuktikan kurang tidur menyebabkan konsumsi harian meningkat dari sekitar 300 kalori. Hal ini terjadi karena otak memerlukan tidur. Ketika tidak mendapatkan cukup, ia membakar melalui glukosa, karbohidrat, dan bahan bakar manusia lainnya lebih cepat dari biasanya dalam upaya untuk membuat Anda tetap waspada. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, delapan jam tidur harus menjadi bagian dari rutinitas malam Anda.

4. Tidur siang Tingkatkan Produktivitas
Studi yang dilakukan oleh NASA dan Dr. Sara C. Mednick menemukan tidur siang melayani fungsi vital lain dalam kebutuhan tidur kita secara keseluruhan. Bahkan, jika tidur siang setidaknya 26 menit antara pukul 13.00-16.00, Anda akan mengalami dorongan produktivitas hingga 34 persen.

2 dari 5 halaman

10 Alasan Tidur Bagian Terpenting Hidup Anda

5. Tidur Membantu Sistem kekebalan Anda
Sistem kekebalan tubuh terus bekerja mencoba untuk melindungi Anda dari daftar panjang penyakit potensial. Anda dapat membantu tubuh agar memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dengan mendapatkan setidaknya tujuh jam tidur per malam. Sayangnya, mereka yang tidak mampu untuk melakukan hal ini akan menderita kerusakan pada sistem kekebalan yang membuat mereka lebih rentan terhadap pilek atau flu.

6. Tidur Dapat Meningkatkan Kognitifitas
Jika Anda memiliki ujian besar atau presentasi esok harinya, hal terbaik yang mutlak yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri adalah untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Hal ini karena peneliti telah menentukan ada hubungan yang kuat antara tidur dan kinerja kognitif. Bila Anda tidak mendapatkan cukup tidur, aliran darah ke otak akan berkurang. Akibatnya, kecepatan kognitif, perhatian terhadap detail, retensi memori dan daya ingat, keterampilan pengambilan keputusan, dan kecerdasan emosional akan semua mulai menurun.

3 dari 5 halaman

10 Alasan Tidur Bagian Terpenting Hidup Anda

7. Tidur Membantu Anda Agar Awet Muda
Setiap orang mungkin telah memiliki pengalaman melihat diri mereka di cermin pagi hari setelah tidur malam yang buruk. Anda mungkin terkejut melihat wajah tampak lebih kasar dari biasanya, dan ini bukan suatu kebetulan. Ketika tidur, tubuh Anda melepaskan hormon tertentu yang penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Kegagalan untuk mendapatkan tidur yang cukup mengganggu rilis ini dan bisa menghapus sama sekali.

8. Tidur Dapat Meningkatkan Mood
Mungkin salah satu fungsi yang paling penting dari tidur adalah membantu orang menjaga suasana hati yang stabil. Mereka yang memiliki insomnia kronis sering menderita tingkat yang lebih tinggi depresi, kecemasan, dan stres. Bahkan hanya satu malam tanpa jumlah yang tepat tidur dapat memiliki dampak negatif pada suasana hati Anda dan kemampuan untuk menghadapi situasi stres. Ini menyoroti lagi mengapa tidur adalah penggunaan yang lebih baik dari waktu Anda daripada larut malam menjejalkan sebelum tes atau acara besar lainnya.

4 dari 5 halaman

10 Alasan Tidur Bagian Terpenting Hidup Anda

9. Tidur Meningkatkan Mengidam
Selain hanya membuat Anda lapar, kurang tidur juga menyebabkan keinginan meningkat untuk makanan yang tinggi gula dan karbohidrat. Hal ini menjelaskan mengapa orang-orang yang memiliki malam yang kasar tanpa banyak tidur menemukan diri mereka meraih permen yang mereka dinyatakan mungkin melewatkan. Sekali lagi, ini biasanya mengarah ke peningkatan kalori, dan itu gejala lain dari tidur yang buruk yang akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

10. Tidur penting untuk Libido
Jika libido berkurang akhir-akhir ini, coba perhatikan lagi jam tidur Anda. Hal ini karena produksi testosteron menurun setelah kurang tidur, yang membuat wanita merasa kurang tertarik dalam setiap jenis aktivitas seksual. Mengejutkan, setiap jam kehilangan tidur menyebabkan penurunan 14 persen pada libido. Oleh karena itu, apakah mencoba untuk hamil telah menjadi tugas yang tidak menyenangkan atau Anda merasa kurang tertarik pada seks daripada yang Anda digunakan untuk, Anda mungkin dapat meningkatkan libido Anda secara signifikan dengan menambahkan satu jam lebih dari tidur untuk rutin setiap malam Anda.

(M. Andreas)