Sukses

Ternyata Olahraga di Malam Hari Bermanfaat Baik Bagi Tubuh

Biasakan diri untuk berolahraga di malam hari dengan beberapa alasan di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga di pagi hari memang umum dilakukan banyak orang, namun tahukah Anda ternyata berolahraga di malam hari juga bermanfaat baik bagi tubuh. Selain itu berolahraga pada malam hari juga cocok dilakukan bagi Anda yang tidak pernah memilik banyak waktu di pagi hari.

Dilansir dari mydomaine.com, Senin (14/11/2016), jika aktivitas olahraga yang Anda lakukan adalah latihan beroktan tinggi, beberapa penelitian menemukan bahwa melakukannya di pagi hari adalah sebuah kesalahan. Berikut alasannya.

Ilustrasi Olahraga

1. Semua otot Anda masih kaku

Kebiasaan Anda untuk selalu bangun pagi tidak berlaku untuk tubuh. Ketika Anda keluar dari tempat tidur, semua otot masih kaku dan butuh waktu untuk melakukan peregangan.
Selain itu, di malam hari, suhu inti tubuh Anda telah meningkat, sehingga siap untuk melakukan aktivitas fisik.

Olahraga membantu Anda tidur lebih baik

2. Olahraga membantu Anda tidur lebih baik
Sebuah studi yang dilakukan oleh University of California menemukan bahwa orang-orang yang melakukan olahraga di malam hari lebih bisa tidur nyenyak hanya dalam waktu 30 menit, setelah mereka selesai melakukan aktivitas fisik. Mengapa? Para peneliti mengatakan bahwa hal tersebut dikarenakan berkurangnya tekanan darah dan ketegangan otot.

Biasakan diri untuk berolahraga di malam hari dengan beberapa alasan di bawah ini.

3. Fungsi paru-paru lebih baik di malam hari
Berolahraga di malam hari dapat membuat Anda lebih mudah meningkatkan intensitas latihan fisik yang biasa dilakukan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine menemukan bahwa fungsi paru-paru meningkat sebanyak 6% lebih baik di malam hari, dibandingkan olahraga di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini