Sukses

Kerap Terbangun dan Sulit Tidur Kembali? Ini Tipsnya

Selalu terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali? Simak tips berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda kerap terbangun dini hari atau menjelang waktu subuh, antara jam 3 pagi? Seharusnya jam-jam ini waktunya tubuh tidur terlelap dengan nyenyak.

Lantas, bagaimana caranya tidur nyenyak, tanpa tiba-tiba terbangun di tengah malam? Dilansir dari mydomaine.com, Senin (14/11/2016), Wendy Troxel, Ph.D., ahli tidur merekomendasikan Anda untuk bangun dari tempat tidur dan melakukan kegiatan santai, yang dapat membuat Anda tertidur kembali, seperti membaca buku.

Ilustrasi membaca buku

"Otak kita dapat belajar melalui asosiasi atau kebiasaan, dan untuk dapat tidur dengan nyenyak, otak harus dibiasakan memahami hubungan antara kegiatan tidur dengan tempat tidur. Kuncinya adalah menyingkirkan fakta bahwa Anda tidak dapat tidur kembali. Buang jauh-jauh kekhawatiran dari tempat tidur. Sekali otak memiliki kegiatan lain untuk fokus, maka besar kemungkinan Anda akan merasa ngantuk kembali," papar Wendy.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah masalah tidur, Wendy menganjurkan Anda untuk melakukan olahraga di malam hari sebelum tidur, untuk menghilangkan stres dan membiasakan jam bangun tidur.

"Jam bangun adalah satu-satunya faktor paling penting yang dapat membiasakan otak mengerti jam biologis tubuh Anda, sehingga otak paham kapan harus terjaga dan bangun di pagi hari dan kapan harus tidur di malam hari," jelas Wendy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini