Sukses

5 Cara Buat Diri Sendiri Merasa Nyaman saat Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang memungkiri bahwa seringkali wawancara kerja menjadi pemicu stres terbesar. Semua orang mencoba memberikan versi dirinya yang terbaik sebelum melakukan wawancara kerja, namun tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, termasuk perubahan.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari lifehack.org, Selasa (22/11/2016), berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat diri sendiri nyaman saat sedang melakukan wawancara kerja.

1. Lakukan penelitian
Sebagian besar rasa percaya diri saat melakukan wawancara kerja bisa Anda dapatkan dari kesiapan dan cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara kerja adalah dengan melakukan penelitian. Lakukan penelitian terhadap perusahaan, seperti kapan perusahaan tersebut berdiri, tujuan, dan seperti apa budayanya.
Jika Anda memiliki pengetahuan tersebut, maka jawaban-jawaban yang keluar akan lebih tepat dan menunjukkan bahwa Anda serius menginginkan posisi tersebut.
Selain itu, Anda juga memperkirakan waktu untuk sampai ke tempat wawancara, karena terlambat hanya akan membuat Anda stres.

2. Tidur yang cukup
Ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka keterampilan kognitif Anda akan secara otomatis menurun. Pastikan Anda tidur lebih awal sebelum wawancara dilaksanakan.

3. Pelajari tentang pewawancara Anda
Ya, selain mencari tahu tentang perusahaan tempat Anda ingin mendaftarkan diri, cari tahu juga tentang pemimpin Anda. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah melalui LinkedIn. Seperti apa dia, kuliah dimana, perusahaan mana saja yang pernah ditempatinya, dan bagian apa yang pernah diisinya.
Hal ini dapat membantu Anda memecah canggung saat wawancara dilakukan.

4. Ketahui hal-hal baik dari diri sendiri
Tujuan dari wawancara adalah menjual diri Anda kepada pewawancara, sehingga penting untuk mengetahui nilai jual terbaik yang Anda miliki.

5. Buatlah percakapan
Salah satu cara terbaik untuk menempatkan diri dengan pewawancara senyaman mungkin adalah dengan memulai percakapan. Karena dari sini pewawancara juga dapat melihat apakah Anda adalah orang yang cocok bekerjasama dengan orang lain di sana.