Sukses

Dukung Para Desainer, Kendal Bakal Jadi Kota Fashion Indonesia

Kota Kendal akan jadi kota fashion yang mendukung para desainer dapat menciptakan karya yang lebih baik dan mengharumkan nama bangsa.

Liputan6.com, Jakarta Industri fashion di Indonesia semakin berkembang. Selain ditandai dengan bermunculan desainer muda berbakat yang mengharumkan nama Indonesia hingga ke mancanegara, kini Indonesia memiliki kota fashion untuk mendukung pasar mode Indonesia.

Kota Kendal, Jawa Tengah sedang dipersiapkan menjadi kota fashion Indonesia. Kawasan seluas 100 hektar ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya pusat penyediaan bahan baku, perbelanjaan, pameran, serta penelitian dan pengembangan produk tekstil.

Kota Kendal dipersiapkan sebagai kota fashion untuk meningkatkan daya saing industri tekstil dan produk tekstil. Selain itu, kota Kendal ini dirancang untuk mendukung para desainer yang selama ini masih kesulitan mencari bahan baku yang berkualitas. Hal ini juga menjadi salah satu cara memajukan fashion Indonesia baik di dalam ataupun luar negeri.

“Diharapkan lagi, dengan adanya fashion city dapat menggandeng industri kecil dan menengah di sektor TPT. Untuk mendukung terwujudnya kawasan industri tersebut maka perlu regulasi yang memudahkan para pelaku usaha,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Ke depannya, kawasan kota fashion Kendal ini juga akan menjadi percontohan pusat mode di Indonesia. Hal ini tentu saja mendukung cita-cita pelaku industri mode menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat mode dunia. Melalui pembangunan kota fashion ini, dapat menunjukkan kekuatan fashion Indonesia dalam inovasi dan kreativitas desain. Terlebih, persaingan fashion yang ketat saat ini.

"Pembangunan kota fashion di Kendal menjadi momentum penting bagi Indonesia untuk menunjukkan kekuatan dalam inovasi dan kreativitas desain. Apalagi, perputaran tren fashion sangat cepat sehingga produknya dituntut untuk mengikuti selera pasar terkini dan memiliki nilai tambah tinggi," tutupnya.

Rinda Salmun salah satu desainer muda berbakat Indonesia juga mengungkapkan rencana pembangunan kota fashion di Kendal bisa menjadi mempermudah aktivitas produksi dan distribusi barang-barang fashion.

"Dengan adanya kota yg khusus dijadikan kota fashion di Indonesia dapat lebih memajukan industri mode agar dapat lebih berkembang dengan pesat dan ikut membantu para pelaku-pelaku mode di Indonesia. Meskipun mungkin sebelumnya kota kendal belum terlalu banyak dijajaki oleh para pelaku industri mode seperti saya, sebagai desainer, namun mungkin nantinya akan memudahkan aktifitas produksi dan distribusi barang-barang fashion," ungkap Rinda Salmun desainer mode Indonesia pada Liputan6.com, Senin (14/11/2016).

Rinda juga menyambut baik rencana Kendal sebagai kota fashion ini. Menurut desainer yang memulai karirnya di Inggris ini, adanya peran pemerintah seperti ini bisa menjadi langkah bersama untuk kemajuan industri fashion Indonesia. Rindah bahkan tidak sabar menanti kota fashion ini terealisasi.

"Its a very good thing bahwa pemerintah ikut membantu dalam pembangunan industri mode tanah air. Saya pribadi sangat tertarik, optimistik dan penasaran akan seperti apa nantinya kota fashion ini. Mudah-mudahan dapat mewujudkan visi untuk kemajuan industri fashion tanah air," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini