Sukses

Lampu Jalan Ini Dapat Menyala karena Langkah Kaki Anda

Liputan6.com, Jakarta Ketika orang-orang ditanya mengenai energi terbarukan, tentu yang terlintas di kepala adalah panel surya dan kincir angin. Padahal ada sumber energi lebih sehat dan mudah yang sudah kita miliki, yaitu kekuatan langkah kita. Hal ini dimanfaatkan untuk membuat sebuah taman yang bisa menghasilkan listrik dan menghidupkan lampu jalanan, seperti dirilis dari inhabitat.com, Rabu (16/11/2016).

Berada di Las Vegas, taman yang berada di Arts District ini memiliki lampu taman spesial yang dapat hidup karena gerakan langkah orang-orang yang bermain di taman ini. Memanfaatkan energi kinetik, EnGoPLANET memodifikasi permukaan trotoar agar mampu menghasilkan energi dan menyimpannya untuk menghidupkan lampu taman. Selain itu, lampu ini juga dilengkapi dengan panel surya, sehingga dapat menerima dan menyimpan energi lebih banyak.

EnGoPLANET memperkirakan dunia akan menghabiskan lebih dari US$ 40 triliun per tahun untuk menghidupkan lebih dari 300 miliar lampu jalan tradisional. Emisi yang di hasilkan juga tinggi mencapai 100 miliar ton karbon setiap tahunnya bila tetap menggunakan cara yang lama.

Lampu ini menggunakan energi kinetik dari langkah pengunjung untuk menerangi taman (Foto : Inhabitat.com)

Lampu ini menggunakan energi kinetik dari langkah pengunjung untuk menerangi taman (Foto : Inhabitat.com)

Untuk itu, lampu jalan bertenaga kinetik menjadi sebuah peluang baru untuk menolong pemerintah memenuhi target perlindungan lingkungan. Beberapa kota juga telah mendeklarasikan penggunaan energi terbarukan, sehingga lampu jalan ini dapat diterapkan di berbagai kota di dunia.

Artikel Selanjutnya
Ilmuwan Ciptakan Penghasil Air dari Udara
Artikel Selanjutnya
Ilmuwan Ciptakan 'Kotak Ajaib' yang Ubah Udara Jadi Air