Sukses

Ketahui 5 Tanda Anda Perlu Mengganti AC

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia yang beriklim tropis, cuaca di luar ruangan seringkali menjadi panas dan terik. Cuaca yang panas tersebut menyebabkan hawa di dalam ruangan menjadi gerah. Karena itu pendingin ruangan atau air conditioner (AC) menjadi perabot yang banyak dimiliki keluarga di Indonesia. Selama musim panas, AC biasanya digunakan sepanjang waktu untuk mengurangi gerah dan panas di dalam ruangan. Namun benda yang satu ini tidak mungkin bisa dipakai selamanya. AC bisa tiba-tiba ngambek entah itu rusak karena alatnya sudah tidak bisa berfungsi atau sudah terlalu lama dipakai.

Berikut cara mengecek apakah AC yang Anda miliki sudah saatnya diganti sebelum kerusakan tersebut bertambah parah, seperti dikutip dari laman realliving.com.ph, Rabu (16/11/2016).

1. AC tidak lagi menghasilkan udara dingin. Meskipun Anda telah memencet tombol yang memungkinkan AC mengeluarkan hembusan kuat, alat tersebut ternyata hanya mengeluarkan udara hangat. Itu tandanya telah terjadi kerusakan di kompresornya. Jika kompresornya yang bermasalah, maka AC Anda sudah saatnya diganti.

2. Anda kesulitan mengatur thermostat (pengatur/penyeimbang panas). Adakalanya masalah yang terjadi bukan di unit AC Anda tapi di bagian yang berfungsi mengatur suhu. Cara mudah untuk mengetahui apakah thermostat bermasalah adalah jika ada perbedaan suhu di rumah Anda, misalnya ruang tamu terasa dingin tapi ruang keluarga yang berada di sebelahnya terasa panas.

3. Tagihan listrik Anda melonjak. Tiba-tiba struk listrik Anda menunjukkan angka yang tidak biasanya. Anda harus membayar tagihan listrik lebih mahal dari sebelumnya padahal konsumsi listrik di rumah Anda tidak mengalami peningkatan. Cobalah untuk mengeceknya dengan mengamati perbedaan ketika AC dinyalakan atau dimatikan. Hal ini untuk mengetahui apakah AC Anda mengalami kerusakan sehingga menyebabkan konsumsi listrik Anda menjadi boros.

4. Tercium bau aneh di ruangan. Jika Anda mencium bau menusuk dari unit AC Anda, kemungkinan kabel penghubungnya telah terbakar atau bisa juga unit AC sangat kotor. Hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan serius. Jadi pastikan Anda membersihkannya secara teratur untuk memperpanjang umur AC Anda.

5. AC Anda telah berumur lebih dari 10 tahun. Dengan pemakaian wajar, sebuah unit AC sebenarnya didesain untuk pemakaian selama kurang dari sepuluh tahun. Jika AC Anda telah berumur lebih dari 10 tahun, maka itulah saatnya Anda pergi ke toko elektronik dan memberi AC baru. (Ana Fauziyah)