Sukses

Berminat Kerja Sebagai Penulis Lepas? Lihat 5 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keinginan mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis haruslah dipikirkan secara matang. Selain banyak orang yang melakukan hal yang sama, kualitas tulisan Anda juga menjadi penentu apakah banyak orang yang akan membacanya atau tidak. Untuk menjamin keberhasilan usaha Anda sebagai penulis lepas, perhatikan 5 hal ini yang dilansir dari Lifehack.com, Selasa (15/11/2016)

Tinggalkan prinsip Anda
Bila Anda tetap memegang teguh prinsip ketika menulis untuk orang lain, jangan sekali-kali berharap bisa mendapatkan berbagai ilmu. Karena pada kenyataannya, akan banyak sekali tulisan yang bukan termasuk dalam bidang Anda yang harus ditulis. Untuk itu persiapkan diri Anda untuk mampu membuat berbagai tulisan yang nantinya sesuai dengan keinginan klien Anda. Maka perlahan-lahan kemampuan Anda akan meningkat dan bisa menghasilkan berbagai karya yang dahulunya belum pernah diciptakan.

Pilih tempat menulis dengan bijak
Banyak platform yang bisa menerima tulisan Anda untuk ditayangkan, namun banyak juga yang tidak bisa memenuhi keinginan dan harapan penulis. Untuk itu, memilih tempat menulis yang sesuai dengan kemampuan Anda sangatlah disarankan. Karena di sana, penulis lepas harus konsisten memberikan karya-karyanya kepada pembaca. Anda bisa berkarya melalui blog, website yang mengandalkan User Generated Content atau mengirimkan karya atas nama kontributor di website berita ternama.

Latih cara menulis agar bisa menarik hati pembaca
Pada saat ini, tentu saja fitur Search Engine Optimization atau SEO sangat dibutuhkan agar bisa menjual tulisan melalui mesin pencari. Tapi tujuan Anda menulis tidaklah seperti itu bukan? Teruslah berusaha berlatih menulis agar tulisan Anda dapat nikmat dibaca oleh para pencari informasi. Selalu meminta pendapat dari pembaca mengenai kualitas tulisan Anda, sehingga kesempatan belajar akan selalu datang. Menghadiri berbagai kelas menulis juga akan menambah inspirasi Anda dalam membuat karya tulisan.

Jangan lepaskan pekerjaan tetap Anda
Sudah berniat menjadikan profesi penulis lepas menjadi pekerjaan tetap Anda? Tunggu dulu. Jangan sampai pekerjaan tetap Anda dinomorduakan setelah profesi penulis lepas. Karena, ketika Anda gagal dalam beberapa percobaan awal dan sudah melepaskan pekerjaan tetap, maka rasa depresi dan tertekan akan muncul. Hal ini disebabkan Anda terlalu berharap banyak agar mendapatkan banyak uang, padahal semua butuh proses hingga mencapai keberhasilan.

Percayalah, bahwa Anda adalah seorang penulis
Banyak penulis lepas yang sudah berhasil berasal dari latar belakang yang sama. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk Anda yang tidak berpengalaman sebagai penulis menjalani profesi ini. Hal yang dapat dilakukan adalah percaya, bahwa Anda benar-benar merupakan seorang penulis yang baik. Dengan mengandalkan kepercayaan diri yang baik, tentu saja Anda akan mampu mengerjakan berbagai pekerjaan yang bahkan belum pernah dicoba sebelumnya.

Artikel Selanjutnya
Hemat Waktu Anda Merebus Telur dengan Cara Ini
Artikel Selanjutnya
Ingin Lebih Percaya Diri? Lakukan 3 Tantangan Ini Selama 70 Hari