Sukses

Wisata ke Bandung Saat Banjir? Perhatikan 4 Hal Ini!

Belakangan Bandung sering dilanda banjir. Simak tips aman berwisata ke Bandung meskipun sedang musim hujan dan ancaman banjir

Liputan6.com, Jakarta Banjir yang melanda Bandung sudah dua kali terjadi pada tanggal 24 Oktober dan terakhir Rabu, pada tanggal 9 November 2016. Banjir diduga karena terdapat tanggul yang jebol dan volume air hujan yang tak terbendung sehingga mengakibatkan luapan air dari drainase. Namun, hal tersebut tak menyurutkan wisatawan dari Ibukota setiap jelang akhir pekan.

Seperti dihimpun oleh Liputan6.com, pada Kamis (10/11/2016) berikut tip berwisata ke Bandung saat musim hujan dan ancaman banjir.

1. Hindari Exit Tol Pasteur dan Pasir Koja

Akses jalur tol paling dekat dengan Bandung biasanya melalui pintu keluar tol Pasteur atau Pasir Koja. Namun tampaknya konsentrasi banjir di Bandung terjadi di daerah Pasteur. Begitu juga jika keluar tol melalui Pasir Koja akan melewati jalur Pagarsih yang selama ini terkenal kerap banjir setiap hujan.

2. Alternatif Melalui Subang

Salah satu alternatif menuju Bandung yang selama ini luput dari perhatian wisatawan adalah melalui jalur Subang. Anda bisa menggunakan jalur alternatif dari exit tol Jatiluhur, Purwakarta yang akan tembus hingga ke Tangkuban Perahu, Lembang Bandung. Namun jika ingin langsung ke pusat kota sebaiknya mengambil jalur exit tol Kopo atau Moch. Toha.

3. Selalu bawa payung dan jas hujan

Jika Anda berkendara dengan menggunakan sepeda motor, tentu saja tak bisa lepas dari jas hujan. Namun jika Anda berkendara dengan mobil atau kendaraan roda empat, pastikan selalu menyediakan payung di dalam mobil. Jangan ragu untuk membawa pakaian cadangan sewaktu-waktu Anda kehujanan dan harus berganti pakaian.

4. Hindari memarkir kendaraan di bawah pohon besar

Pastikan tidak memarkir kendaraan Anda di bawah pohon besar nan rindang. Sebaiknya hindari juga memarkir kendaraan di jalur-jalur selokan atau aliran air yang berpotensi meluap saat hujan deras melanda Bandung.

5. Pilih tempat Wisata Indoor

Tempat wisata Bandung cukup beragam. Saatnya kini Anda menyusuri sudut kota menjajaki kafe kafe, tempat nongkrong anak muda hingga berwisata kuliner ke gang-gang sempit di dalam kota. Banyak area wisata kuliner tempo dulu yang masih bertahan hingga saat ini di Kota Bandung.

Ingin wisata ke Bandung tapi bingung mau menginap di mana? Cari di Reservasi.com aja yang akan memberikan diskon nginap di hotel hingga 10 persen. Cek sekarang promo hotel murah di Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini