Sukses

Lakukan Hal Ini Sebelum dan Sesudah Tidur agar Tubuh Berenergi

Ingin tubuh kembali berenergi? Lakukan hal ini sebelum dan susudah tidur.

Liputan6.com, Jakarta Tidur akan mengembalikan energi Anda yang habis setelah seharian melakukan rutinitas, dan mengistirahatkan diri agar tubuh siap melakukan rutinitas kembali di keesokan harinya. Namun, apakah Anda menyadari seberapa baiknya tidur Anda di malam hari? Mungkin saja sebenarnya tidur Anda pada malam hari itu tidak maksimal dan malah membuat tubuh kian terasa lelah saat bangun tidur.

Banyak sebab mengapa Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, antara lain beban pikiran yang mengganggu, masalah kesehatan yang Anda alami, hingga makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Apapun sebabnya, itu akan sangat mengganggu Anda, bukan? Apakah Anda sering bangun pada tengah malah dan tidak bisa tidur kembali? Seperti yang dilansir dari look4ward.co.uk, pada Minggu (13/11/2016), inilah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum tidur dan saat bangun tidur.

1. Hindari cahaya langsung ke mata beberapa jam sebelum Anda tidur.

Cahaya adalah salah satu hal yang dapat membuat Anda tetap terjaga, ini tidak ada hubungannya dengan sinar dari matahari sore. Terutama cahaya dari perangkat dan gawai yang Anda gunakan. Jika Anda ingin tidur yang berkualitas, pertimbangkan untuk mematikan ponsel atau laptop Anda beberapa saat sebelum Anda tidur.

Olahraga

2. Olahraga
Berkat olahraga, peredaran darah akan lancar dan denyut jantung Anda akan naik. Olahraga akan membuat tubuh Anda lelah dan perlu lebih banyak waktu untuk mengembalikan energi Anda dan akhirnya dapat membut tidur Anda berkualitas. Menurut Menurut National Sleep Foundation, olahraga pada sore hari bisa mengurangi jumlah waktu yang Anda butuhkan di malam hari untuk melakukan percobaan untuk tidur.

3. Kosongkan pikiran Anda
Anda pasti akan merasa sulit untuk tidur, jika kepala Anda dipenuhi dengan pikiran dan kekhawatiran. Sebuah pikiran yang sibuk bukanlah sesuatu yang akan membuat Anda tidur dengan baik. Salah satu cara yang terbaik untuk membersihkan pikiran Anda sebelum tidur adalah dengan melakukan meditasi. Tidak ada hal istimewa yang diperlukan, tetapi ini akan menjadikan tidur Anda menjadi baik.

4. Menjaga suhu tubuh tetap dingin
Terlepas dari kenyataan bahwa banyak penelitian menyebutkan memanaskan badan akan memperbaiki tidur Anda, ternyata tidak begitu tepat. Pada kenyataannya, Anda akan ingin melakukan sesuatu untuk mendinginkan suhu tubuh Anda jika itu terjadi. Menurut penelitian di Belanda, orang-orang yang menjaga suhu tubuhnya tetap dingin tidak akan terbangun di tengah malam dan akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Bangun dengan cahaya

5. Bangun dengan cahaya
Tidak ada yang lebih baik daripada bangun karena cahaya alami. Anda harus mempertimbangkan untuk tetap membiarkan tirai kamar Anda tetap terbuka, sehingga sinar matahari secara bertahap dapat menerangi kamar Anda pada pagi hari dan membangunkan Anda.

6. Memulai pagi dengan segelas air dan sarapan
Memang benar bahwa makanan pertama pada awal hari sangat penting, tapi hal pertama yang harus Anda konsumsi adalah segelas air. Tubuh Anda bukan hanya membutuhkan makanan, tetapi juga air.

7. Olahraga selama lima menit setelah bangun
Anda tidak perlu berolahraga yang membuat Anda kelelahan setelah bangun tidur, Anda hanya perlu agar tubuh Anda berkeringat dan dapat meningkatkan suhu tubuh Anda. Ini berguna agar memungkinkan Anda agar Anda tidak kedinginan saat mandi, dan merasa segar setelah mandi sehingga Anda dapat menjalani rutinitas Anda pada hari ini.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini