Sukses

Berhenti Peduli Pendapat Orang Lain, Ini Triknya

Sering sibuk memikirkan pendapat orang lain daripada diri sendiri? Gunakan beberapa trik di sini.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu khawatir pada apa yang dipikirkan orang lain dapat menyebabkan masalah serius pada kepercayaan diri seseorang. Apa saat ini Anda sedang mengalaminya?

Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (15/11/2016), walaupun manusia adalah makhluk sosial yang terkadang membutuhkan persetujuan orang lain, ada garis tipis antara meminta pendapat dengan ketergantungan terhadap orang lain.

Jika sekarang Anda sedang berusaha mengubah kebiasaan ini, berikut adalah beberapa solusi paling efektif untuk berhenti peduli terhadap apa yang dipikirkan orang lain dan menjadi lebih percaya diri.

1. Jangan berharap berlebihan tentang kepedulian orang lain
Beberapa orang percaya bahwa manusia memiliki sifat sombong dan egois yang alami. Walaupun terdengar kasar, namun tidak ada salahnya Anda memikirkan hal ini.
Jika dihitung, seberapa sering Anda memikirkan orang lain dalam sehari? Ini merupakan kesempatan baik untuk mulai memperhatikan diri sendiri.
Sebuah studi di tahun 2000 yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa seseorang yang bereaksi berlebihan ketika dipaksa untuk mengenakan pakaian yang memalukan ke pesta, karena membayangkan apa yang akan dipikirkan oleh orang lain.

2. Ubah pikiran tentang diri sendiri
Sifat dasar manusia lainnya adalah mencela diri sendiri, sehingga trik kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengubah pikiran tersebut. Tidak ada yang dapat mengubah diri Anda kecuali diri Anda sendiri.
Ketika Anda berhasil mengubah pemikiran ini, percayalah Anda akan merasa jauh lebih positif dan percaya diri.

3. Fokus pada apa yang bisa Anda tangani
Anda hanya dapat menangani apa yang Anda katakan, rasakan, dan lakukan, sehingga berfokuslah pada hal-hal ini.
Cobalah untuk mengatur pikiran dan perbuatan diri sendiri, daripada sibuk memikirkan apa yang dipikirkan orang lain tentang Anda. Ketika Anda berhasil melakukan hal ini, maka Anda akan lebih mudah untuk melangkah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini