Sukses

Anak Trump Terancam Sanksi karena Unggah Foto Kartu Suara

Liputan6.com, Jakarta Eric Trump, anak dari calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump, kemungkinan akan mengalami masalah besar karena mengunggah foto kartu suara yang sudah ditandai ke akun Twitter-nya pada Selasa kemarin. Seperti dilansir dari laman smh.com.au, (Selasa, 9/11/2016), Eric Trump membagikan fotonya sebagai bentuk dukungan kepada ayahnya dan memberinya caption “Sebuah kehormatan besar memilih untuk ayah saya! Dia akan melakukan pekerjaan besar untuk Amerika Serikat!” Foto tersebut diberi tagar #MakeAmericaGreatAgain.

Seperti diketahui, mengunggah foto kartu suara yang telah ditandai ke khalayak dianggap sebagai bentuk pelanggaran hukum di banyak negara bagian di Amerika Serikat. Foto itu memang telah dihapus oleh anak Trump yang berumur 32 tahun itu dari linimasa Twitter-nya. Namun, foto tersebut masih beredar karena banyak orang yang melakukan screenshoot dan menyebarkannya ulang.

Bulan lalu, penyanyi terkenal Justin Timberlake juga tersangkut kasus hukum serupa lantaran mengunggah foto selfie dirinya di bilik suara ketika mengikuti pemilihan umum di kampung kelahirannya di Tennesee. Timberlake terancam dihukum kurungan penjara 30 hari. Namun, polisi lokal memutuskan untuk tidak menindaklanjuti kasus Timbelake tersebut.

“Kami menganggap Justin hanya tidak mampu menahan diri untuk mengajak para penggemarnya berpartisipasi dalam pemilihan umum,” kata Tre Hargett, sekretaris kantor polisi negara bagian Tennesee.

Sementara itu, banyak selebritas papan atas Amerika Serikat yang ramai mengunggah foto mereka saat melakukan pemilihan umum. Penyanyi Taylor Swift mengunggah fotonya saat mengantre di depan bilik suara di akun Instagram miliknya. Swift mengajak follower-nya yang berjumlah lebih dari 93 juta untuk menggunakan hak pilihnya.

Anak Donald Trump akan mengalami masalah besar karena mengunggah foto kartu suara yang sudah digunakan.

Aktris pemenang Oscar, Anne Hathaway, juga menulis di akun Instagramnya pada Selasa kemarin, “Saya memilih Hillary Clinton, kandidat paling berkualitas yang pernah dimiliki negara kita.” Hal itu ia lakukan sebagai bentuk dukungan terhadap Hillary Clinton, calon presiden dari Partai Demokrat.

Selain Taylor Swift dan Anne Hathaway, banyak selebritas tersohor Amerika lainnya yang juga mengunggah foto diri mereka sambil memakai stiker bertuliskan “I Voted” seperti Lady Gaga, Miley Cyrus, dan Cameron Diaz. Pemilihan umum di Amerika Serikat kali ini memang mengundang banyak selebritas untuk berpartisipasi dan menunjukkan dukungan mereka. (Ana Fauziyah)