Sukses

5 Masalah Kesehatan Ini Dipengaruhi oleh Golongan Darah Anda

Liputan6.com, Jakarta Manusia melakukan banyak hal untuk tetap sehat dan memerangi berbagai penyakit seperti berolahraga, diet, mempertahankan jadwal tidur yang cukup, dan sebagainya. Namun tetap saja ada hal-hal yang di luar kontrol dan dapat mempengaruhi kesehatan, seperti golongan darah.

Dilansir dari Theasianparent.com pada Jumat (11/11/2016), sebuah penelitian menemukan bahwa golongan darah berkaitan dengan kesehatan kita daripada yang kita pikirkan. Simak beberapa penyakit berbeda yang dipengaruhi oleh golongan darah berikut ini.

1. Stres: Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A biasanya memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih tinggi dari. Stres, ketika dibiarkan, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2. Penyakit jantung: Golongan darah AB

Menurut sebuah studi dari Harvard University tahun 2012, orang-orang dengan golongan darah non-O memiliki lebih banyak risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular, tetapi mereka dengan jenis darah AB memiliki resiko paling tinggi.

3. Masalah memori: Golongan Darah AB

Sebuah studi dari University of Vermont menemukan bahwa orang dengan golongan darah AB 82 persen lebih tinggi kemungkinannya untuk mengalami masalah berpikir dan memori. "Golongan darah banyak dikaitkan dengan penyakit seperti stroke yang memiliki dasar masalah vaskuler dan kami pikir bahwa hal ini berkontribusi untuk masalah memori," jelas Dr Mary Cushman, penulis utama dari studi tersebut.

4. Bisul: Golongan Darah O

Menurut DrMirkin.com, orang dengan golongan darah O memiliki antibodi yang bereaksi keras terhadap Helicobacter pylori, jenis bakteri yang menyebabkan luka dan bisul. Jika Anda memiliki jenis darah O, Anda cenderung lebih rentan terkena sakit perut dan bisul jika terinfeksi bakteri H. pylori.

5. Kanker Pankreas dan Kanker Perut: Golongan Darah Non-O

Antibodi yang membuat orang dengan golongan darah O lebih sensitif terhadap bakteri H. pylori juga membuat berisiko yang lebih rendah terkena kanker pankreas. Hal ini ditemukan salah satu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiologi. Orang dengan tipe darah AB lebih berisiko terkena kanker perut.

Untungnya, risiko golongan darah Anda tidak signifikan, kata Dr. Gustaf Edgren, penulis studi tersebut. "Ada sedikit yang bisa kita lakukan tentang kanker lambung mengenai hal ini. Tapi risiko yang terkait dengan golongan darah sebenarnya terlalu kecil untuk membuat banyak perbedaan."

Jadi, apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Meskipun Anda tidak bisa mengubah golongan darah Anda, mengetahui bahwa Anda rentan terkena jenis penyakit tertentu dapat membantu dalam jangka panjang dan mendorong Anda menjalani gaya hidup yang berbeda.

Lawan stres dengan latihan menenangkan seperti tai chi dan yoga. Jaga kesehatan pikiran Anda dengan membaca, melakukan teka-teki, dan berinteraksi dengan orang lain. Dan, tentu saja, merawat tubuh Anda dengan tidak merokok, berolahraga, dan makan dengan baik.