Sukses

Lakukan 9 Hal Ini Jika Ingin Rambut Anda Tumbuh Lebih Cepat

9 cara mudah untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Menantikan rambut tumbuh lebih panjang rasanya memang menyiksa. Pertama, bagi Anda yang beruntung, rambut hanya bertumbuh 6 inci atau sekitar 15 cm per tahun karena siklus pertumbuhan rambut ditentukan oleh genetik. Namun dengan beberapa tips yang tepat, Anda bisa mendapatkan helaian rambut panjang dan berkilau sesuai harapan Anda.

Setelah rambut Anda bertumbuh sesuai dengan keinginan, rayakan dengan potongan rambut yang akan meningkatkan daya tarik Anda. Dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Rabu (9/11/2016), simak tipsnya berikut ini.

1. Potong rambut

 

Tips ini tentu tidak akan membuat rambut Anda bertumbuh sangat panjang hanya dalam semalam. Namun dengan menjaga ujung-ujung rambut tetap rapi, Anda mencegah rambut bercabang yang pada akhirnya perlu lebih sering dipotong dan dirapikan. Idealnya, Anda perlu merapikan ujung-ujung rambut setiap 10 sampai 12 minggu.

2. Jangan terlalu sering menggunakan sampo

Keramas dengan sampo sebaiknya dilakukan 2 hari sekali. Sampo memang dibutuhkan untuk membersihkan kotoran, namun jika terlalu sering digunakan, sampo juga akan menyingkirkan minyak natural dari helaian rambut yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Saat Anda memang perlu keramas, aplikasikan sampo hanya pada akar rambut dan biarkan sisa busa mengalir di sepanjang helaian rambut. Hal ini akan mencegah rambut menjadi kering.

3. Gunakan kondisioner

Gunakan conditioner untuk menggantikan protein dan lipid yang secara bertahap berkurang dari dalam batang rambut Anda. Ketika rambut Anda basah, helaiannya menggembung, dan memungkinkannya menyerap maupun membuang nutrisi yang diperlukan. Inilah mengapa kondisioner paling tepat diaplikasikan saat rambut dalam keadaan basah. Kondisioner juga membantu untuk menutup kutikula dan mencegah kerusaka.

4. Lakukan perawatan mingguan

Jangan meremehkan kekuatan masker rambut. Kebanyakan masker rambut diperkaya dengan asam lemak esensial yang memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhan. Minyak rambut juga memiliki manfaat tersendiri, tapi jika Anda khawatir rambut Anda terlihat lepek, Anda dapat menggunakannya selama Anda mandi dan mengaplikasikannya pada rambut basah selama 10 menit sebelum dibilas.

5. Coba suplemen rambut

Ada banyak vitamin dan mineral yang wanita butuhkan setiap hari untuk rambut sehat, hanya sedikit dari wanita yang benar-benar mendapatkan semua vitamin maupun mineral tersebut. Suplemen rambut akan memberikan dosis harian yang Anda butuhkan untuk membangun kekuatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan. Vitamin dengan dosis tinggi dapat memiliki efek negatif, jadi selalu konsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi pil.

6. Istirahatkan rambut dari sisir

Anda sesekali mendengar bunyi 'klik' yang halus saat menyisir rambut? Hal ini terjadi saat helaian rambut Anda patah. Jika Anda perlu menguraikan rambut yang kusut, lakukan dalam keadaan basah dimana helaiannya lebih fleksibel dengan menggunakan sisir pipih. Mulai dari ujung rambut yang kusut dan perlahan-lahan menuju ke atas. Jika Anda harus menyisir rambut yang kering, gunakan sikat rambut yang lembut agar dapat mendistribusikan minyak natural dari akar ke helaian rambut.

7. Ganti seprai bantal

Ganti seprai katun dengan seprai berbahan sutera atau satin karena tidak akan membuat rambut kusut. Sutera dan satin lebih bersahabat pada helaian rambut karena teksturnya yang lebih halus.

8. Jangan membungkus rambut dengan handuk

Menggulung rambut dengan handuk setelah selesai mandi dan keramas adalah hal yang mudah dan praktis, namun dapat menyebabkan rambut bercabang. Saat rambut dibungkus oleh handuk, helaiannya akan menempel ke serat handuk yang dapat menyebabkan rambut patah dan bercabang. Untuk pilihan, gunakan handuk dengan bahan microfibre yang lebih lembut.

9. Bilas rambut dengan air dingin

Mungkin Anda berpikir bahwa hal ini hanya mitos, namun membilas rambut dengan air dingin akan membuatnya lebih halus dan dapat mengikat kelembapan lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini