Sukses

Sayang Hewan Peliharaan, Ini Cara Tepat Bermain dan Melatihnya

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan membuat Anda memberikan perhatian lebih kepada mereka. Anda tentu tidak ingin hewan peliharaan sakit atau mengalami stres. Beberapa orang masih belum memahami cara tepat untuk bermain dan menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Melihat hal ini Nestle Purina Pro Plan menggelar Purina Pro Plan Boot Camp. Purina Pro Plan memberikan tips dan trik kepada Anda yang memiliki hewan kesayangan tentang cara melatih dan memastikan kesejahteraan mereka. 

Sayang Hewan Peliharaan, Ini Cara Tepat Bermain dan Melatihnya

Menurut Robert Irwan, pelatih profesional anjing, faktor pertama yang harus diperhatikan ketika bermain dan melatih hewan kesayangan yaitu mengenal karakternya. Pola pelatihan ini juga harus dicocokkan dengan peran mereka di rumah.

"Banyak pemilik anjing yang belum memahami cara yang tepat dalam melatih binatang peliharaannya. Ada yang terlalu memanjakan, ada pula yang terlampau keras. Padahal, kita harus melihat dan mencocokkan pola pelatihan dengan peran mereka di rumah," ujar Robert saat Purina Pro Plan Boot Camp, Minggu (6/11/2016).

Sayang Hewan Peliharaan, Ini Cara Tepat Bermain dan Melatihnya

Setelah itu, Anda harus berkomunikasi dengan jelas kepada hewan kesayangan. Hal ini bertujuan agar hewan tersebut mengerti apa yang Anda sampaikan. Dengan melakukan komunikasi dari hati ke hati dengan baik dapat menentukan berhasil atau tidaknya Anda melatih hewan kesayangan melakukan apa yang Anda inginkan.

Cobalah untuk menggunakan kesabaran dan perasaan saat melatih hewan peliharaan. Selain mengetahui cara melatihnya, Anda juga harus menganggap hewan peliharaan teman, mengajaknya berkomunikasi dengan baik sehingga dapat mengoptimalkan kesejahteraan hewan kesayangan Anda.

Sayang Hewan Peliharaan, Ini Cara Tepat Bermain dan Melatihnya

"Saat pelatihan kita harus melakukan komunikasi yang jelas jadi mereka tahu apa kehendak kita. Intinya kita tidak dapat hanya sekedar mengetahui cara melatihnya tapi juga harus menggunakan kesabaran dan feeling dalam menangani anjing tersebut," tambah Robert.

Selain faktor kedekatan saat bermain dan berlatih, hal kedua yang ikut mempengaruhi kesejahteraan adalah nutrisi yang cukup. Drh. Nyoman Sakyarsih, dokter hewan dan pemilik Pet Smile menekankan pentingnya nutrisi yang optimal untuk menjaga kesehatan dan mendukung aktivitas keseharian hewan peliharaan.

Sayang Hewan Peliharaan, Ini Cara Tepat Bermain dan Melatihnya

"Melatih dan bermain bersama hewan memiliki beragam manfaat mulai dari kesehatan hingga meningkatnya kecerdasan hewan kesayangan. Untuk mendukung hal ini, para pemilih juga harus memastikan kucing dan anjing kesayangan mendapatkan nutrisi yang optimal, yaitu nutrisi yang sesuai dengan tahapan kehidupan, perilaku, dan kebiasaan mereka," kata dr Nyoman.

Untuk memberikan nutrisi yang optimal pada hewan kesayangan ini, Purina Pro Plan juga memperkenalkan Optinutrition yaitu suatu solusi untuk memenuhi beragam kebutuhan kucing dan anjing baik dari segi umur, perilaku, hingga lingkungan hewan kesayangan. Purina Pro Plan Boot Camp dan program Optinuri ini dilakukan untuk memberikan wadah kepada pemilik hewan kesayangan untuk memperhatikan kesejahteraan atau well-being dari hewan-hewan kesayangan mereka.

Sayang Hewan Peliharaan, Ini Cara Tepat Bermain dan Melatihnya

"Kami percaya bahwa untuk mengoptimalkan kesejahteraan atau well-being kucing dan anjing, perlu adanya keselarasan antara asupan makanan bergizi dengan cara perawatan dan pelatihan yang tepat. Untuk itu, di samping penyelenggaraan Boot Camp, kami juga memperkenalkan inovasi Optinutrition, suatu solusi untuk memastikan terpenuhinya beragam kebutuhan kucing dan anjing
baik dari segi umur, perilaku hingga apakah binatang tersebut lebih sering berada di dalam atau di luar rumah,” ujar Thomas Aquinas Nugroho Country Business Manager Nestle Purina PetCare Indonesia.

Selain pemilik dapat belajar langsung dari para ahli seperti Robert dan dr Nyoman. Pada acara ini Purina Pro Plan juga menyediakan cat grooming station untuk memanjakan kucing kesayangan Anda. Semua ini dapat Anda lakukan untuk membuat hewan kesayangan lebih sehat dan lebih bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.