Sukses

8 Cara Ini Membuat Tugas Anda sebagai Ibu Baru Lebih Mudah

Apa Anda merasa tugas sebagai ibu baru sangat berat? Lakukan beberapa hal di bawah Anda untuk membuatnya terasa lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada satu orang pun yang mengatakan bahwa tugas sebagai ibu baru adalah hal yang mudah. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membuat tugas Anda sebagai ibu baru menjadi lebih mudah, seperti dilansir dari purewow.com, Selasa (8/11/2016).

1. Menggendong bayi
Menemani bayi sepanjang hari mungkin adalah suatu hal sangat menyenangkan untuk dilakukan, namun hal ini sekaligus membuat Anda kehilangan banyak pekerjaan untuk dilakukan. Gendong bayi Anda menggunakan alat yang tidak menyakiti tubuh, sehingga Anda bisa mengerjakan banyak hal, sekaligus menjaga si bayi.

2. Mandi dengan bayi Anda
Ya, mengurus bayi tidak harus membuat Anda melupakan diri sendiri. Mandi dengan bayi dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk dilakukan.

3. Membungkus bayi Anda
Perawat rumah sakit mungkin pernah mengajari Anda cara membungkus bayi, namun tidak pernah berhasil membuatnya diam bertahan rapi. Sekarang banyak alat-alat canggih pembungkus bayi yang lebih modern, sekaligus dapat membuatnya rapi sepanjang hari. Tidak lupa juga membuat bayi Anda merasa hangat.

4. Menyiapkan popok
Seorang bayi akan menghabiskan 10 sampai dengan 12 popok dalam sehari, sehingga tidak ada salahnya untuk selalu menyiapkan popok di dekat Anda, jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Cara ini akan menghemat waktu, terutama jika Anda kurang tidur.

5. Rajin membuang sampah
Tidak hanya bekas popok, namun juga muntahan bayi. Jika Anda membiarkannya menumpuk di sudut rumah, hal ini tentu tidak akan membuat tamu-tamu yang datang merasa nyaman. Rajin membuang sampah keluar rumah akan mempermudah tugas Anda, percayalah.

6. Menyusui
Saat menyusui bayi, tidak ada salahnya untuk mengambil sedikit waktu istirahat. Anda dapat menyusui si bayi dengan posisi tidur. Hadapkan payudara Anda ke satu sisi dengan si bayi di depannya. Biarkan ia makan dan Anda dapat tidur sebentar.

7. Minta bantuan
Ada ibu Anda, ibu mertua, adik, atau tetangga yang dapat dimintai bantuan. Jangan malu, terutama ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

8. Membuat permintaan
Dalam minggu-minggu pertama akan banyak orang bertanya apa yang Anda butuhkan. Katakan saja, karena Anda memang tidak bisa kemana-mana dan menginginkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.