Sukses

Tips untuk Anda yang Akan Membawa Hewan Peliharaan Saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menganggap hewan peliharaannya sebagai salah satu anggota keluarga. Semua perhatian diberikan kepada hewan kesayangan, dari mulai memberi makan, bermain, membersihkan kandang, dan mencintai mereka tanpa syarat. Jadi, apakah mungkin meninggalkan mereka ketika Anda akan pergi liburan?

Memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hal yang lumrah dan saat ini semakin banyak pemilik yang membawa hewan peliharaannya saat liburan. Entah Anda menggunakan alat transportasi apa, yang paling penting adalah Anda harus memberi perhatin lebih saat membawa hewan peliharaan saat liburan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada hewan peliharaan Anda.

Dilansir dari The Active Times, pada Rabu (9/11/2016), hal-hal kecil yang perlu Anda persiapkan seperti memberi label nama pada hewan peliharaan Anda atau ke dokter hewan untuk berkonsultasi harus Anda lakukan sebelum liburan. Untuk lebih lanjut Anda harus membaca tips-tips membawa hewan peliharaan saat liburan.

Pastikan hotel tempat Anda menginap ramah terhadap hewan

Periksa kebijakan hewan peliharaan di hotel tempat Anda menginap. Ada hotel yang secara ketat melarang adanya hewan peliharaan, namun banyak juga hotel yang mempunyai layanan untuk hewan peliharaan yang baik, bahkan dapat menyiapkan pesta ulang tahun untuk hewan peliharaan Anda.

Berikan tanda pengenal pada hewan Anda

Ini mencegah untuk Anda kehilangan hewan peliharaan Anda, bila terdapat tanda pengenal di badannya yang berisi nama dan kontak Anda sehingga pada saat hewan peliharaan Anda hilang, orang yang menemukannya akan segera menghubungi Anda.

Pergi ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan

Melakukan pemeriksaan berguna untuk memastikan kondisi dari hewan peliharaan Anda, apakah dia bisa untuk ikut Anda berlibur atau tidak. Bila mereka ternyata dalam keadaan yang tidak baik, maka itu akan menjadikan liburan Anda tidak menyenangkan.

Jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan Anda di mobil

Berada di dalam mobil bisa sangat panas, terlebih jika itu berada di musim panas. Hewan peliharaan Anda bisa mati, anjing yang sangat muda dan sangat tua sangat beresiko mati saat Anda tinggalkan dalam mobil.

Sering lakukan perhentian

Bila Anda melakukan perjalanan dengan mobil, paling tidak Anda harus berhenti 2jam sekali untuk membiarkan hewan peliharaan Anda untuk buang air. Sama seperti manusia, berpergian dengan perut dan kandung kemih yang terisi penuh bukan ide yang bagus. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Jangan memberi makan secara berlebihan.

Anda tidak harus memberikan anjing atau kucing peliharaan Anda makan sebelum terbang Jika mereka gugup sebelum melakukan perjalanan, perut yang kosong akan mencegah mereka dari muntah dan itu akan menyebabkan mereka merasa lebih buruk. Saat liburan Anda harus lebih sering mengontrol makanan mereka dan berikan mereka makan yang secukupnya.

Berikan mereka air minum yang banyak.

Hewan harus tetap terhidrasi sepanjang waktu. Kemas air dan pastikan Anda memiliki wadah yang bisa dijadikan tempat minum untuk peliharaan Anda. Asosiasi Pemeliharaan Hewan mengatakan paling tidak Anda harus menyediakan satu galon air di dalam mobil untuk memastikan hewan peliharaan Anda tidak mengalami dehidrasi--Membawa pet carrier untuk lebih memudahkan Anda saat di perjalanan lebih baik Anda membawa pet carrier, ini juga berfungsi untuk mengatasi agar peliharaan Anda tidak kabur.

Jangan mengubah rutinitas mereka.

Hewan tidak menyukai perubahan, itu akan membuatnya gelisah dan tidak tenang. Bila Anda sering bermain atau mengajaknya jalan, maka tetap lakukan itu saat Anda liburan.

Memotong kuku mereka.

Ini mungkin tidak begitu penting tetapi ini akan berguna bila ternyata hewan peliharaan Anda mengalami serangan panik sehingga akan mengurangi kemungkinan untuk melukai apa yang ada disekitarnya.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini