Sukses

Foto Hitam Putih Ini Kisahkan Perjuangan Lawan Kanker Payudara

Seorang fotografer, Margareth Horhoruw memilih mengangkat kisah perjalanan para penyintas dan pasien kanker payudada dalam karyanya.

Liputan6.com, Jakarta Foto merupakan media yang bisa memberikan berbagai pesan tersirat di setiap lembarannya. Foto juga memberikan kejujuran tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan. Akhirnya, seorang fotografer, Margareth Horhoruw memilih mengangkat kisah perjalanan para penyintas dan pasien kanker payudara dalam tema “#SADARI: Kenali Tubuhmu, Sadari Adanya Kelainan”. Pameran foto ini diadakan mulai tanggal 3 hingga 15 November 2016 di Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia West Mall lantai 3.

Bekerja sebagai konsultan di bidang kebijakan publik, tidak menghalangi Margareth untuk menghasilkan karya ini. Mulai menekuni dunia fotografi sejak tahun 2007, Ia mulai memulai mengerjakan proyek foto bertema kanker ini tahun 2015. Pada awalnya ia mengakui ada kesulitan dalam pengambilan foto, karena banyak pasien kanker payudara yang menutup diri. Namun setelah mendengar misi Margareth untuk memberikan manfaat bagi perempuan lain, mereka menyambut baik proyek ini.

“Melalui pameran foto ini saya berharap perempuan Indonesia lebih menyadari pentingnya deteksi dini serta penanganan dini kanker payudara. Sebab banyak pasien kanker payudara yang baru terdeteksi penyakitnya ketika sudah berada di stadium lanjut. Dan jika terdeteksi dini sekalipun, seringkali pertolongan medis tidak langsung didapat,” ujar Margareth.

Margareth Horhoruw mengangkat kisah pasien kanker payudara dalam karya fotonya.

Margareth mengakui bahwa ia banyak belajar dari pasien kanker payudara yang ia kunjungi di Indonesia dan Australia. Hal yang ingin diterapkan dalam hidupnya adalah tetap tegar dalam menghadapi penyakit, bagaimana cara membangun rasa percaya diri, serta keinginan untuk menumbuhkan semangat agar cepat segera sembuh.

“Bercerita melalui lembaran foto adalah bentuk ekpresi diri bagi saya. Keinginan untuk mengangkat cerita perjuangan pasien kanker payudara menjadi semakin kuat saat saya menyadari masih terbatasnya komunikasi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat melalui medium foto,” kata Margareth.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini