Sukses

Tips Menjaga Keamanan Rumah untuk Anak-Anak

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki anak-anak yang aktif dan energik di rumah? Sebagai orang tua tentu Anda ingin anak-anak Anda dapat aktif beraktifitas di dalam rumah dengan aman. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menciptakan suasana dan kondisi aman, agar anak-anak dapat beraktifitas dengan aman.

Berikut adalah 8 tips jitu dalam menciptakan keamanan bagi anak-anak di rumah, seperti dikutip dari situs Magforwomen, Selasa (8/11/2106).

1. Jauhkan deterjen, sabun, desinfektan dan bahan kimia pembersih lainnya dari jangkauan anak-anak

Semua bahan kimia pembersih rumah tangga yang berbahaya dan beracun dapat dengan mudah tertelan oleh anak-anak. Jauhkan dari jangkauan mereka, simpanlah pada area tinggi yang tidak dapat mereka capai dan pastikan lemari penyimpanan tersebut selalu terkunci dengan baik. Jangan tinggalkan produk-produk tersebut pada area yang mudah dijangkau, seperti di area dapur atau meja yang rendah. 

2. Jangan meninggalkan anak-anak tanpa pengawasan di dekat air

Anak-anak senang bermain air. Meninggalkan anak-anak sendirian di dalam bak mandi, atau kolam renang bahkan hanya untuk beberapa detik bisa berbahaya. Mereka akan dengan mudah dapat tenggelam. 

3. Menjaga Area Tidur dari benda benda keras dan runcing

Pastikan aneka mainan yang bertekstur teras dan runcing tidak berada di dekat area tidur. Terkadang benda-benda ini terselip di antara tumpukan selimut dan bantal-bantal yang tanpa disadari dapat membahayakan tubuh anak-anak.

4. Jauhkan senjata api, benda tajam dari jangkauan anak-anak

Ini adalah salah satu penyebab utama kematian. Anak-anak tidak tahu apa-apa tentang senjata api sungguhan, yang terkadang tampak seperti mainan. Pastikan benda tajam atau senjata api milik Anda tersimpan rapi di lemari yang tak dapat dijangkau anak-anak.

5. Menjaga benda-benda kecil dari jangkauan balita

Rasa ingin tahu anak-anak balita dan kecenderungan untuk mengunyah segala sesuatu yang mereka temukan terkadang dapat mengancam keselamatan. Mereka dapat berisiko tersedak hal-hal kecil seperti permen, kacang, mainan, koin, hingga ujung pena. 

6. Pasang detektor karbonmonoksida dan alarm kebakaran

Mengingat pencemaran apapun lingkungan dan kebakaran bisa terjadi kapan pun, instalasi detektor dan alarm sangat penting untuk dipasang di dalam rumah. Pastikan, anak-anak paham dengan suara alarm dan Anda dapat segera mengevakuasi mereka ke luar rumah.

7. Waspada dengan hewan peliharaan

Persahabatan antara anak-anak dengan hewan peliharaan merupakan momen yang indah. Namun saat Anda memilih hewan peliharaan, pastikan hewan yang Anda pilih sesuai dengan gaya hidup dan kemampuan keluarga Anda. Jangan biarkan anak Anda bermain sendiri dengan hewan peliharaan yang agresif. Ajarkan anak Anda bagaimana berperilaku dengan hewan peliharaan yang tepat.

Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
Ini 26 Rahasianya buat Rumah Jadi Tempat Perawatan Diri Sendiri
Artikel Selanjutnya
Yang Harus Dilakukan Jika Ingin Pelihara Hewan di Rumah