Sukses

Ini 6 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Tidak Bahagia

Hindari 6 kebiasaan yang sering dilakukan orang tidak bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan adalah sesuatu yang kompleks, dan perasaan yang sulit digambarkan. Kebahagiaan menjadi sebuah kebutuhan, namun terkadang sangat sulit untuk mendapatkannya. 

Biasanya orang merasa tidak bahagia ketika larut dalam kesibukan dan masalah dalam kehidupan. Hal tersebut yang merenggut kemampuan seseorang untuk menciptakan kebahagiaan bagi diri mereka sendiri. Apakah Anda termasuk orang yang tidak bahagia?

Seperti dilansir dari Higherperspective.com, Senin (7/11/2016), berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan orang tidak bahagia.

1. Terus mengeluh

Saat mengeluh, Anda akan menghabiskan energi secara percuma. Padahal, energi tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat hidup menjadi lebih baik. Daripada mengeluh, sadari bahwa hanya diri Anda sendiri yang dapat bertanggung jawab atas hidup ini.

Memang, hidup ini tidak pernah adil. Maka itu, berhenti mengeluh karena itu hanya membuang waktu Anda. Jika ada mengalami sesuatu yang mengecewakan, cari solusi dan lanjutkan kehidupan.

2. Terlalu sering mengkritik

Hal paling penting untuk hidup bahagia adalah cara Anda melihat sesuatu. Jika Anda selalu melihat dari sisi negatif, kemungkinan Anda tak akan pernah bahagia. Lebih baik, berhenti untuk selalu melihat dari sisi negatif, dan maafkan kesalahan yang Anda buat. Secara otomatis, Anda akan mengampuni kesalahan orang lain juga.

3. Ketagihan sesuatu

Orang yang tidak bahagia cenderung ketagihan terhadap sesuatu, entah itu obat-obatan, alkohol, pornografi, makanan manis, dan segala bentuk ketagihan lainnya. Padahal, di dalam hidup ini penting untuk menjalani keseimbangan dalam segala hal. 

4. Menyesali masa lalu

Selain mengeluh, menyesali hal yang telah lewat juga berbahaya bagi diri Anda. Sebuah penelitian menemukan, bahwa orang yang mengkhawatirkan hal atau kejadian yang telah lalu, akan berisiko mengalami stres kronis dan depresi.

Cara yang paling tepat untuk menghadapi penyesalan adalah belajar dari kesalahan, dan mencoba untuk merelakan kesalahan tersebut.

5. Mengkhawatirkan terhadap masa depan

 

Sebagai manusia, Anda akan hidup bahagia jika menjalani kehidupan saat ini dengan penuh hal positif. Karena, tak ada yang bisa kita lakukan jika terus menerus mencemaskan masa depan yang belum terjadi.

Ini artinya, Anda dapat dengan maksimal menghadapi masalah yang sekarang dihadapi, tanpa perlu mencemaskan hal yang belum terjadi.

6. Menjalani diet yang tidak sehat

Mungkin kebiasaan ini terlihat tidak terlalu buruk, namun jika Anda menjalani diet yang tidak sehat biasanya disebabkan oleh perasaan tidak bahagia.

Banyak orang yang secara drastis mengubah pola makan mereka jika sedang stres. Padahal, kebiasaan ini tak hanya buruk, namun juga berbahaya bagi kesehatan. Hal ini bisa memicu obesitas, depresi, diabetes, dan masalah jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini