Sukses

Lakukan 5 Trik Berikut untuk Wujudkan Tampilan Kuku Prima

Ingin miliki kuku sehat dan prima? Lakukan 5 trik berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang harus Anda rawat kesehatannya. Walaupun area ini terkesan mungil, namun kuku yang tak terawat atau rusak dapat membuat keseluruhan tampilan tidak terlihat prima. Berikut 6 tips perawatan kuku yang dapat membantu Anda mewujudkan kuku sehat dan prima.

1. Potong secara teratur

Jika Anda meninggalkan kuku Anda panjang dan tidak membersihkannya secara teratur, kotoran dan debu akan terjebak di dalamnya. Selain akan terlihat jelek, kuku juga akan rusak.

Selain itu, gunakan gunting manicure setelah mandi atau ketika Anda baru saja mencuci tangan untuk memotong kuku. 

2. Jaga kelembapan kuku

Biasakan untuk mengaplikasikan petroleum jelly pada kutikula dan kulit di sekitar kuku setiap malam sebelum tidur. Anda juga dapat menggunakan minyak jarak yang kaya vitamin E dan sehat untuk kutikula Anda. Oleskan kembali saat tangan dan kuku sudah mulai terasa kering.

3. Jaga kuku selalu kering dan bersih

Ketika mencuci tangan, pastikan bahwa Anda membersihkan kuku Anda dengan benar. Hal ini akan mencegah bakteri, jamur dan kuman lainnya dari terakumulasi di bawah kuku Anda. Jangan lupa saat membersihkan pekerjaan di sekitar rumah, jangan lupa untuk selalu memakai sarung tangan karet.

4. Gunakan pembersih cat kuku yang berkualitas

Ketika membeli cairan pembersih cat kuku, periksa kandungan produk dengan hati-hati dan yang mengandung asetat. Penghilang dengan aseton atau formaldehyde dapat membuat kuku Anda benar-benar kering, dehidrasi dan akhirnya membuat kuku rapuh.

5. Gunakan biotin

Penelitian telah menunjukkan bahwa biotin, yang berisi keratin dapat membuat kuku Anda lebih kuat dan lebih keras. Aplikasikan setidaknya 4 sampai 5 kali sehari untuk melindungi kuku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.