Sukses

Seimbangkan Karier dan Kehidupan Keluarga dengan 10 Cara Berikut

Liputan6.com, Jakarta Menyulap tugas Anda sebagai ibu dan berkarier di kantor menjadi seimbang bukanlah tugas yang mudah. Ibu adalah orang yang harus selalu siap selama 24 jam setiap hari bagi keluarganya. Hal ini secara emosional memang bukanlah hal yang mudah dan mungkin melelahkan secara fisik.

Dalam situasi seperti ini beragam tips dan trik, sangat diperlukan untuk menyeimbangkan kehidupan keluarga dan karier yang harus berjalan beriringan. Beberapa perencanaan yang dikutip dari situs Magforwomen, Jumat (4/11/2016) berikut ini bisa membantu para ibu yang bekerja di kantor.

1. Libatkan kakek, nenek, dan keluarga 

Jangan malu untuk meminta bantuan. Libatkan kakek-nenek, dan anggota keluarga dalam membesarkan anak Anda. Mereka pasti akan senang hati membantu menjaga anak-anak Anda, ketika Anda berada di kantor.

2. Rencanakan jadwal harian Anda

Catat dan buatlah rencana jadwal harian Anda sehingga Anda memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang perlu Anda lakukan. Perencanaan akan membantu Anda mengorganisir seluruh kegiatan agar berjalan lebih lancar dan efisien dalam waktu minimum.

1 dari 3 halaman

Menetapkan beberapa aturan dasar untuk diri sendiri

3. Menetapkan beberapa aturan dasar untuk diri sendiri

Semuanya akan berantakan jika Anda tidak menerapkan beberapa aturan dasar. Beranikan diri untuk menetapkan beberapa aturan main untuk urusan kerja dan keluarga agar seluruhnya berjalan dengan baik.

4. Miliki komunikasi yang baik dengan pasangan Anda

Suami Anda berperan penting dalam membantu Anda menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga. Pastikan Anda memiliki komunikasi yang jelas dengan dia sehingga dia memahami pekerjaan Anda dan tuntutannya. Ini akan membantu Anda dalam mewujudkan keseimbangan dalam karier dan kehidupan keluarga.

5. Belajarlah untuk mendelegasikan

Anda tidak dapat melakukan segala sesuatunya sendirian.Anda tidak bisa berada di setiap tempat. Belajarlah untuk mendelegasikan tugas dengan orang-orang di sekitar kita. Itulah salah satu cara yang dapat Anda lakukan.

2 dari 3 halaman

Pilih babysitter atau tempat penitipan anak yang terpercaya

6. Pilih babysitter atau tempat penitipan anak yang terpercaya

Memilih babysitter atau tempat penitipan anak yang terpercaya akan sangat membantu dalam merawat anak-anak Anda selama jam kerja. Saat ini beragam pusat penitipan anak juga hadir di area perkantoran yang sangat memudahkan Anda.

7. Renungkan dan bersantai

Sangat penting bahwa Anda mengambil setidaknya 15 menit dari jadwal sibuk Anda untuk bermeditasi dan bersantai. Lakukan hal ini di pagi hari atau setiap kali Anda merasa penat. Ini akan membantu Anda mendapatkan hal-hal positif dalam perspektif baru, dan memberikan semangat untuk terus menjadi ibu yang hebat dan pekerja yang energik.

8. Berbicara dengan anak Anda

Jangan meremehkan kecerdasan emosional anak Anda. Bicara padanya, menjelaskan situasi yang Anda ketika ibu tak bisa selalu bersamanya. Pastikan bahwa Anda menghabiskan waktu yang berkualitas dengan dia.

9. Jangan menunda-nunda

Menahan godaan untuk menunda-nunda. Jangan menunggu sampai batas waktu. Jangan biarkan pekerjaan menumpuk. Menjadi pekerja yang berdedikasi dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu akan mempermudah segalanya.

10. Membuat setiap saat bernilai

Jika Anda bekerja keras dan menikmatinya dengan penuh semangat, hasilnya akan begitu bernilai. Itulah cara terbaik untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga. Lakukan semua hal dengan semangat dan energi yang positif agar karier dan keluarga dapat berjalan dengan baik.