Sukses

Apakah Anda Benar-Benar Bisa Mengubah Sifat Pasangan?

Benarkah seseorang dapat berubah ketika menjalani sebuah hubungan asmara? Cari tahu lebih lanjut di sini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang berpikir bahwa mereka dapat mengubah seseorang ketika menjalin hubungan asmara. Memang, ketika menjalani hubungan asmara dengan orang yang kita cintai, tak sedikit pasangan yang rela melakukan apa saja, termasuk mengubah sifat aslinya.

Seperti dilansir dari Womenshealthmag.com, Jumat (4/11/2016) penyesuaian memang dibutuhkan untuk berhubungan dengan orang yang baru. Namun, benarkah orang tersebut benar-benar berubah? 

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk melihat kestabilan sebuah kepribadian. Di era 60-an, psikolog Walter Michel menemukan bahwa tindakan yang dilakukan seseorang sebenarnya tergantung pada situasi dibandingkan kepada kepribadian. Dan, penelitian yang lain juga menemukan bahwa kepribadian dapat berubah sesuai perkembangan dan motivasi diri orang tersebut. Namun ternyata, mengubah kepribadian orang lain menjadi studi yang berbeda dan membutuhkan berbagai penelitian lebih lanjut.

Apa yang bisa diubah?

Memang, banyak kebiasaan pasangan yang dapat membuat Anda jengkel. Makan berantakan, sering datang terlambat, atau lupa mengunci rumah ketika pergi dapat menjadi kebiasaan yang tanpa sadar ingin Anda ubah. Namun, menurut ahli, kebiasaan seperti ini adalah sifat yang bisa Anda ubah. Dengan alasan yang jelas mengapa Anda tidak menyukai kebiasaan tersebut, lama-kelamaan kekasih akan lebih mengerti dan mencoba untuk berubah.

Apa yang tidak bisa diubah?

Yang lebih sulit diubah adalah sifat dasar kepribadian seseorang. Misalnya, Anda memiliki kekasih yang tidak sabar, tidak terbuka, tidak suka bergaul, hal-hal tersebut susah untuk diubah.

Jika Anda pergi berkencan dengan orang baru, dan sifat-sifat buruk seperti tidak sopan, atau berperilaku buruk muncul di kencan pertama, itu bisa menjadi sebuah pertanda untuk langkah Anda selanjutnya.

Namun, jika Anda sudah menjalin hubungan asmara dengan seseorang, dan ingin mengubah sifat dasar dalam dirinya, jangan berusaha lebih dari 3 hingga 6 bulan. Jika si dia tetap tidak berubah, mungkin ia bukan pasangan yang ideal untuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini