Sukses

Melihat Kreasi Perhiasan Kaligrafi Arab di Al Bastakiya Dubai

Liputan6.com, Jakarta Matahari siang itu bersinar sangat terik dengan suhu udara sekitar 40 derajat Celcius di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun, bangunan-bangunan cukup tinggi di gang-gang sempit yang Liputan6.com lewati memberikan keteduhan.

Tempat yang bernama Al Bastakiya itu pun terasa begitu menarik dengan bangunan otentik Timur Tengah, tembok semen berwarna cokelat muda, lantai batu, dan atap datar yang khas. Setiap sudut gang, penduduk menunjukkan keramahannya dengan menyapa kami.

Al Bastakiya merupakan salah satu tempat warisan budaya di Dubai. Maka tak heran bangunan di sana begitu otentik dan kaya akan budaya. Di sana, pengunjung akan mudah menemui museum atau bangunan yang menunjukkan sejarah ataupun budaya masyarakat Dubai.

Lokasi Al Bastakiya tak jauh dari sungai di sebelah utara Dubai. Anda dapat mencapai lokasi ini menggunakan jalur darat ataupun mencoba perahu yang menyeberangi sungai tersebut.

Satu tempat yang menarik dikunjungi, yakni sebuah rumah pembuatan kaligrafi Arab. Di sana, sang seniman membuat beberapa kerajinan bernafaskan kaligrafi Arab, seperti lukisan, perhiasan, hingga ukiran sebagai hiasan dinding.

Kerajinan perhiasan kaligrafi Arab di Al Bastakiya, Dubai. Foto: Liputan6.com/Unoviana Kartika

Dari luar, ruangan berukuran sekitar 5x4 meter tersebut tidak terlihat seperti tempat menjual kerajinan. Bentuknya hampir sama dengan bangunan lain di Al Bastakiya. Namun, begitu sampai di dalam, Anda langsung dapat melihat banyak sekali hasil karya sang seniman.

Perhiasan-perhiasan yang sudah selesai dibuat dipajang di kerang-kerang putih yang cantik. Kebanyakan perhiasan itu terbuat dari tembaga, ada juga yang terbuat dari perak. Jika tertarik membeli, harganya berkisar 100-200 Dirham yakni sekitar Rp 360.000-720.000.

Kerajinan perhiasan kaligrafi Arab di Al Bastakiya, Dubai

Yang menarik, Anda bisa melakukan permintaan khusus untuk membuat kaligrafi sesuai nama Anda atau kata apapun. Sang seniman akan dengan senang hati membuatkannya untuk Anda. Pembuatannya pun cukup cepat, sehingga Anda bisa menunggunya.

Sang seniman berpenampilan rapi dan sangat ramah dengan pengunjung. Ia bahkan dengan senang menjelaskan proses pembuatan dan informasi seputar kaligrafi dan budaya Dubai. Menarik bukan?

Artikel Selanjutnya
Misteri Pintu yang Dijaga Kobra di Kuil Penuh Emas
Artikel Selanjutnya
Menakjubkan, Pemukiman Ini Berubah Jadi Desa yang Cantik