Sukses

Tips Melewati Imigrasi Bandara Tanpa Masalah

Agar bebas masalah dan rasa curiga dari petugas imigrasi, simak beberapa tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta Berpergian ke luar negeri kini bukanlah menjadi sebuah hal baru. Sering sekali masyarakat Indonesia berlibur ke luar negeri saat sedang liburan panjang ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Adapula yang memilih libur menikmati dinginnya suasana Eropa atau bertemu dengan artis pujaannya di Korea. Namun semua tidak bisa dilakukan bila tidak lolos dari pemeriksaan imigrasi di bandar udara. Untuk itu inilah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk melewati pemeriksaan imigrasi tanpa masalah, seperti disusun Liputan6.com, Sabtu (5/11/2016).

Hafal jadwal penerbangan Anda
Menghafal jadwal penerbangan berangkat dan pulang dapat membantu Anda melewati pertanyaan petugas tentang kepulangan ke Indonesia. Usahakan pula membuat fotokopi tiket, visa dan paspor Anda yang diletakkan dalam tas terpisah sehingga data tersebut tetap aman bila terjadi apa-apa selama perjalanan.

Hafal tempat menginap dan nomor telepon
Pertanyaan ini juga sering ditanyakan oleh petugas imigrasi untuk memastikan Anda memiliki tempat bermalam. Hafalkan nama, alamat dan nomor telepon dari hotel atau guest house yang akan Anda tempati. Hal ini dimaksudkan mempermudah petugas imigrasi memeriksa apakah Anda benar akan bermalam disana atau tidak. Usahakan pula mendapatkan nomor telepon orang yang akan menyambut kita di negara tujuan agar bisa memberi bantuan bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Catat nomor kedutaan besar Republik Indonesia di negara tujuan
Selalu waspada merupakan kunci terbaik untuk tetap aman di negara orang. Agar bisa mendapatkan bantuan dari KBRI di negara tujuan, akan lebih baik mengabarkan maksud kepergian Anda ke negara tujuan pada staf KBRI sebelum keberangkatan. Jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, maka minta bantuan kepada KBRI.

Tetap tenang dan hargai petugas imigrasi
Pemeriksaan Imigrasi di bandar udara merupakan pekerjaan utama bagi para petugas, oleh karena itu hargailah profesi mereka dengan cara menjawab pertanyaan mereka dengan baik. Tetap tenang menjadi kunci psikologis yang penting agar memberikan kepercayaan pada petugas Imigrasi, bahwa Anda adalah orang yang ingin datang dengan baik ke negara mereka.

Jujur dalam mengungkapkan identitas
Jangan membuat cerita yang mengada-ada mengenai tujuan Anda di negara mereka, karena kebohongan yang dibuat akan makin memicu kecurigaan. Untuk itu, usahakan jujur dalam menjawab semua pertanyaan yang di ajukan. Bila Anda merasa terintimidasi dan terdesak oleh perlakuan petugas imigrasi, tanya dengan baik apa alasan mereka melakukan pemeriksaan seperti itu. Bila terjadi kekerasan pada proses pemeriksaan, catat jam dan ingat kronologis kejadian sehingga Anda bisa melaporkannya kepada pihak berwajib baik di negara asal atau negara tujuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini