Sukses

Trik Sederhana untuk Mengurangi Kalori

Liputan6.com, Jakarta Berapa jam Anda harus duduk diam di kursi setiap harinya? Dihitung dari perjalanan ke kantor atau antar jemput anak sekolah di mobil, lalu waktu bekerja yang setidaknya 8 jam sehari. Pola hidup yang kurang aktif bergerak membuat kita sulit menghalau berat badan berlebih.

Idealnya Anda bisa setiap hari ke gym, dan membakar minimal 500 kalori. Namun, menurut situs Health.com, Minggu (30/10/2016) ada cara lain selain ke gym, supaya kita bisa membakar kalori secara rutin setiap harinya.

1. Buat catatan

Jurnal tentang makanan dan kudapan hari ini dan besar porsinya, akan memudahkan Anda melacak jejak kalori yang masuk. 

2. Pilih keseimbangan

Repot jika harus menimbang dan menghitung kalori setiap menu, untuk lebih mudahnya, pastikan menu harian Anda mengandung keseimbangan: 1/3 protein, 1/3 sayuran, dan 1/3 karbohidrat.

3. Tukar jatah

Disiplin terlalu keras dan melarang diri sendiri untuk makan makanan enak dapat berakibat Anda makin terobsesi pada makanan ‘terlarang’. Ingin mencicipi cupcake? Silakan saja, tapi ada baiknya jika saat ini melahap cupcake, maka jatah secangkir caramel macchiato Anda untuk hari ini ditiadakan dulu.

4. Setel alarm

Buat pengingat pada ponsel, untuk mengingatkan Anda agar bangkit dan berdiri setiap 30 menit, saat sedang asyik duduk bekerja di kantor.

5. Makan Sering-sering dalam porsi kecil

Hal ini memudahkan tubuh untuk membakar setiap asupan kalori.

6. Memarkir mobil agak jauh

Parkir yang jauh dari tempat belanja dan berjalan kaki sembari mengangkat barang belanjaan. “Dengan membawa beban, aktivitas 2 menit ini setara dengan berjalan kaki selama 10 menit,” ujar pelatih Lisa Kinder, yang mengatakan, cara ini membakar 89 kalori.

7. Kurangi garam dan tambahkan jeruk nipis dalam minuman Anda

Jeruk dapat berfungsi sebagai diuretik alami.