Sukses

6 Trik Mudah Langsung Akrab dengan Kenalan Baru

Liputan6.com, Jakarta Saat pertama kali bertemu dengan orang baru, terkadang kita merasa canggung dan susah untuk akrab. Apalagi bagi kita yang termasuk pemalu.

Padahal bertemu orang baru dengan berbagai karakter dapat menambah jaringan pertemanan kita. Dan bukan tidak mungkin seseorang yang baru kita kenal tersebut memiliki keterikatan dengan kita.

Nah, bagaimana caranya supaya bisa cepat akrab dengan orang yang baru kita kenal?
Dilansir dari brightside.com, Sabtu (29/10/2016), enam tips praktis agar cepat akrab dengan kenalan baru yaitu:

1. Kontak mata
Kontak mata adalah penanda umum tentang kepercayaan sosial, keterbukaan, dan kejujuran. Menjaga kontak mata dengan lawan bicara bmengartikan kenyamanan berkomunikai dan saling keterbukaan di antara keduanya sehingga suasana akrab akan lebih terasa.

2. Ucapkan halo dan tersenyum
Saat bertemu dengan orang baru ucapkan salam perkenanalan atau ucapkan halo. Setelah itu jangan lupa berikan senyum terbaik dan tulus yang akan membuat orang tersebut menganggap kita sebagai pribadi yang terbuka. Setelah itu keabraban di antara kalian akan makin mudah didapatkan.

3. Refleksikan keterbukaan diri
Berikan tanda jika kita adalah pribadi yang terbuka dan nyaman untuk diajak berbincang atau diskusi. Kita bisa memberikan bahasa tubuh sebagai isyarat atau kode seperti membuka jaket, berdiri tegak, dan tanda lainnya sehingga membuat lawan bicara nyaman.

4. Buat diri kita nyaman terlebih dahulu
Saat memulai percakapan atau obrolan, bayangkan jika saat itu hanya kalian yang ada di ruangan tersebut. Setelah itu munculkan keinginan untuk saling tegur sapa atau bertanya basa basi terlebih dahulu. Jika suasana sudah cair mulaiah bicarakan hal-hal lainnya. Akan lebih mudah akrab saat kita dan kenalan baru memiliki minat yang sama dengan kita.

5. Jadilah pribadi yang positif
Saat baru kenal dengan orang baru, bahaslah hal-hal postif dan hindari pernyataan negatif. Seperti keluhan atau gosip yang belum pasti kebenaranya. Hal ini akan membuat kenalan baru menganggap kita orang baik dan merasa nyaman.

6. Ingatlah ini bukan hanya tentang kita
Sebuah kesalahan klasik yang sering terjadi adalah kita terlalu sibuk membahas diri sendiri. Belajarlah untuk mendengarkan orang lain agar orang mudah suka denga kita.