Sukses

Haruskah Memberi Tahu Jumlah Gaji Saat Wawancara Kerja?

Liputan6.com, Jakarta Topik gaji saat wawancara kerja bukan sesuatu yang nyaman untuk dibicarakan. Banyak orang yang bingung jika ditanya soal hal yang satu ini. Apakah Anda harus jujur tentang jumlah gaji yang kini didapat? 

Dilansir dari Womenshealthmag.com, Kamis (27/10/2016), seorang analis keuangan, Manisha Thakor, berbagi ilmu untuk menghadapi situasi seperti ini. 

Pertanyaan soal gaji memang menjadi momen canggung pada saat wawancara kerja. Untuk mempersingkat keadaan ini, Anda bisa menjawab tidak. Namun, jawaban ini bisa membuat Anda kehilangan kesempatan kerja. 

Yang ingin diketahui perusahaan tersebut adalah nilai Anda sebagai seorang karyawan, atau bisa juga perusahaan tersebut tidak ingin membuang waktu jika ternyata Anda tidak masuk rencana anggaran gaji. Jadi, jika menolak untuk memberi tahu, pasti Anda terlihat seperti menyembunyikan sesuatu.

Jika Anda berniat untuk memberi tahu perusahaan tersebut, jangan berbohong soal jumlahnya. Karena, bila diterima, pada akhirnya Anda harus menyertakan laporan pajak dari pendapatan sebelumnya. Cara cerdas untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan sedikit memutar kalimatnya. "Mungkin Anda ingin tahu apakah gaji saya sesuai dengan anggaran. Ekspektasi gaji yang saya inginkan adalah..."

Tapi, bila dengan jawaban ini mereka tetap ingin mengetahui jumlah gaji dan Anda enggan menjawab, mungkin perusahaan tersebut bukan jodoh Anda.

Saksikan Live Streaming Awarding Day Energi Muda Pertamina

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Mungkin Tidak Akan Diangkat Jadi Karyawan Tetap
Artikel Selanjutnya
PNS Vs Pegawai Swasta, Mana Pilihan Karier Terbaik?