Sukses

19 Fakta Aneh tentang Halloween yang Belum Anda Ketahui

Tahukah Anda 19 fakta aneh tentang Halloween berikut ini?

Liputan6.com, Jakarta Halloween yang dirayakan setiap 31 Oktober sudah di depan mata. Perayaan yang merupakan kependekan dari All Hallows' Evening atau 'Malam Orang-Orang Kudus' dapat ditemukan di banyak negara di dunia.

Namun, tahukah Anda bahwa Halloween bukan sekedar pesta kostum dalam semalam? Dilansir dari Thoughtcatalog pada Jumat (28/10/2016), simak 19 fakta aneh tentang Halloween yang belum banyak diketahui orang.

1. Halloween sudah jadi perayaan sejak 6000 tahun yang lalu. Setiap negara memiliki cara dan budayanya masing-masing untuk merayakan Halloween, namun akar dari perayaan ini berasal dari tradisi Celtic kuno yang dikenal sebagai Samhain.

2. Awalnya, Jack-o-Lanterns terbuat dari lobak. Kini labu adalah pilihan yang paling populer.

3. Setiap Halloween, setiap labu yang terjual 99 persen digunakan untuk membuat Jack-o-Lantern.

4. Di beberapa kota Amerika, perayaan Halloween awalnya disebut Cabbage Night. Jika biasanya anak-anak melakukan trick-or-treating (berkeliling ke rumah-rumah dengan memakai kostum dan meminta permen), kebiasaan di Cabbage Night adalah melempar kubis ke rumah-rumah tetangga.

5. Halloween adalah pesta terbesar ke-3 sepanjang tahun di Amerika. Pesta terbesar pertama adalah Tahun Baru dan pesta olahraga Superbowl Sunday.

6. Tak ada kata dalam bahasa Inggris yang memiliki rima dengan kata orange.

7. Menurut tradisi, orang-orang seharusnya merasa aman dengan kepercayaan bahwa keluarga atau sahabat yang sudah meninggal sedang memandang mereka dari jauh pada saat Halloween.

8. Tradisi awalnya, anak-anak harus menari untuk mendapatkan permen.

9. Di Alabama, Amerika Serikat, mengenakan kostum pendeta adalah aksi yang ilegal. Aturan ini tak hanya berlaku di Halloween namun sepanjang tahun, kecuali, Anda memang seorang pendeta.

10. Banyak penampungan hewan yang melarang adopsi kucing hitam di sekitar perayaan Halloween. Hal ini dilakukan untuk mencegah kucing-kucing tersebut dijadikan hewan korban dalam ritual tertentu.

11. Setiap tahun, penduduk Amerika menghabiskan 2 triliun dolar Amerika untuk membeli permen saat Halloween.

12. Permen jagung atau candy corn diciptakan tahun 1880-an.

13. Menurut National Confectioners's Association, tiga perempat dari jenis permen yang dibagikan saat Halloween terbuat dari cokelat.

14. Fobia terhadap Halloween disebut sebagai samhainophobia.

15. Kata witch yang berarti penyihir diambil dari kata Inggris kuno yang berarti wanita bijaksana atau wicce.

16. Labu terbesar yang pernah tercatat di dunia adalah seberat 380 kilogram yang ditanam oleh seorang pria bernama Norm Craven.

17. Trick-or-treating awalnya adalah kegiatan dimana orang-orang kurang mampu akan berkeliling ke rumah-rumah dan menawarkan untuk mendoakan keluarga sang pemilik rumah yang sudah tiada dan dibayar dengan kue. 

18. Rekor dunia dimana Jack-o-Lantern dinyalakan secara bersamaan adalah sejumlah 30.128. Hal ini terjadi di Boston tahun 2005.

19. Kostum Halloween yang paling banyak digunakan oleh orang dewasa di Amerika adalah kostum penyihir. Diikuti oleh hewan, superhero, perompak, zombie, dan vampir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini