Sukses

Jenis Makanan Ini Bakal Bikin Kentut Anda Bebas Bau

Konsumsi jenis makanan ini jika ingin kentut Anda bebas bau.

Liputan6.com, Jakarta Ada jenis makanan tertentu yang dapat Anda konsumsi untuk menghindari kentut yang bau. Tak sengaja mengeluarkan kentut yang bau di depan orang banyak adalah momen yang memalukan bagi siapa pun. Ternyata, ada cara untuk mencegah hal ini terjadi.

Para ilmuwan menemukan bahwa kentut yang bau disebabkan oleh konsumsi protein dalam jumlah banyak, namun Anda dapat mengurangi efeknya dengan mengonsumsi karbohidrat yang lambat diserap tubuh.

Mengeluarkan kentut yang tidak dapat ditahan dan berbau adalah situasi yang memalukan bagi siapa saja. Untungnya, ilmu pengetahuan dapat membantu Anda menghindari situasi tersebut, seperti yang dilansir dari Askmen.com pada Jumat (28/10/2016).

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari. Para peneliti dari Monash University di Melbourne, Australia, menemukan bahwa bau kentut yang menyerupai telur busuk adalah hasil dari hidrogen sulfida atau bakteri yang ada dalam protein. Jadi, telur, daging, biji-bijian dan bubuk protein adalah beberapa jenis makanan yang dapat membuat kentut Anda lebih bau. Jenis-jenis makanan tersebut paling sering dikonsumsi dalam diet Paleo atau binaragawan. 

"Hal ini menjelaskan mengapa binaragawan yang banyak mengonsumsi bubuk protein dikenal dengan kentut yang bau," Chu Yao selaku pemimpin penelitian mengatakan.

Anda tentu tak perlu sepenuhnya menjadi vegan atau menghindari protein sepenuhnya demi menghindari kentut yang bau. Para peneliti mencampur empat jenis karbohidrat yang lambat diserap tubuh ke dalam feses yang mengandung hidrogen sulfida dan melihat penurunan jumlah zat penyebab bau kentut yang substansial. Karbohidrat yang paling efektif dalam mengurangi bau adalah pati resistan seperti kentang, pisang, kacang-kacangan seperti buncis dan sereal, serta fruktan yang terkandung dalam gandum, artichoke, dan asparagus. Kedua jenis karbohidrat ini mengurangi hidrogen sulfida sebanyak 75 persen, jadi mengonsumsinya bersama daging dan telur adalah pilihan menu yang tepat.

Berikut beberapa jenis makanan yang akan membuat bau kentut Anda lebih 'bersahabat':

1. Kentang

2. Pisang

3. Kacang-kacangan

4. Sereal

5. Gandum

6. Artichoke

7. Asparagus

Dua jenis karbohidrat lain yang juga diuji adalah psyllium atau serat yang mudah larut dan dapat ditemukan dalam oat, es krim dan sterculia, namun hanya dapat mengurangi bau sebanyak 25 persen.

"Saat kami gali lebih dalam, ternyata yang mengkhawatirkan adalah bau dari kentut dan bukan aksi kentut itu sendiri," Chu Yao menuturkan. "Namun jangan sampai orang mengalami konstipasi karena mereka takut mengonsumsi serat yang dapat membuat kentut lebih bau."

Bagaimana pun juga, serat atau kacang-kacangan tetap tak dapat menghentikan Anda mengeluarkan kentut, namun paling tidak baunya tak terlalu mematikan. Sahabat dan keluarga Anda akan berterima kasih pada Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini