Sukses

Dukung 1.000 Produk Kerajinan Anak Muda dengan Datang ke Crafina

Crafina ke-9 dibuat sebagai wadah generasi muda untuk menuangkan Youth Experience lewat produk kerajinan berkualitas tinggi

Liputan6.com, Jakarta Indonesia yang kaya dengan ragam budaya, kini mulai diminati oleh kalangan muda. Banyak kreasi yang berhasil dikembangkan oleh anak muda yang bisa dijadikan “high craft” atau produk kerajinan dengan tenologi dan kualitas tinggi. Untuk menampung kreasi industri kreatif ini, maka hadirlah Crafina 2016 yang berlangsung mulai 26 hingga 30 Oktober 2016.

“Dengan visi dan misi sebagai wadah kalangan generasi muda kreatif, pameran ini dibuat sebagai jembatan kreator baru menuangkan “Youth Experience” kepada pengunjung dari seluruh Indonesia dengan wajah baru kreatifitas anak muda” jelas Muchsin Ridjan, Wakil Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonsesia (ASEPHI) pada Opening Ceremony Crafina 2016 di Jakarta Convention Center, Rabu, (26/10/2016).

Muchsin juga menjelaskan pada penyelenggaraan Crafina 2015, tercatat ada 387 stand dengan 33 ribu pengunjung. Omzet yang didapatkan melalui kegiatan Crafina ini adalah 169 miliar. Sementara di tahun ke-9, Crafina 2016 akan menampilkan 1.000 produk kerajinan seperti busana, tas, perhiasan, hijab, sepatu, lukisan, dan produk lainnya.

Dengan mengusung tema From Natural Resources to Creative Products for Lifestyle, berbagai produk dalam pameran Crafina 2016 akan dipertunjukkan dalam 444 stand. karya kreatif ini datang dari berbagai daerah di Indonesia serta luar negeri yaitu Pakistan. Diperkirakan pengunjung yang akan datang sebanyak 35.000 orang dalam 5 hari penyelenggaraan.

Program-program lainnya juga akan disajikan dalam gelaran yang menjadi salah satu seri dari Inacraft tahun ini. Di antaranya gelaran musik, workshop craft, fashion show, serta talkshow yang membahas orang-orang muda kreatif selama pameran. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Badan Ekonomi Kreatif sebagai bentuk partisipasi pemerintah dalam memajukan kreativitas anak muda di tanah air.

“Mulai tahun 2017, Crafina akan menampilkan seni dan budaya seluruh kabupaten di Indonesia. Untuk pertama kalinya, Kabupaten Temanggung akan menjadi ikon pada Crafina 2017” tutup Muchsin Ridjan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.